Efektivitas metode pembelajaran discovery dan inquiry terhadap hasil belajar biologi kompetensi dasar mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 2 Subah

Sari, Nining Nur Endah (2011) Efektivitas metode pembelajaran discovery dan inquiry terhadap hasil belajar biologi kompetensi dasar mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 2 Subah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
063811040_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
063811040_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063811040_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063811040_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063811040_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063811040_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063811040_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan metode discovery dan inquiry lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Subah Tahun Ajaran 2010/2011, pada pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol, dan VIII C sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain penelitian peneliti membandingkan subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba. Tes diberikan sebelum perlakuan (pre test) dan sesudah perlakuan (post test), tes tersebut diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum tes akhir tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingat kesukaran, dan daya beda pada kelas uji coba. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh t = 2,595 > t = t(0,95)(71)= 1,99 dengan α = 5% yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode belajar mandiri sebesar 72,78 sedangkan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 66,49 Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok kontrol. Dengan kata lain metode pembelajaran discovery dan inquiry lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pada materi sistem peredaran darah manusia. Disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran discovery dan inquiry. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini, sehingga kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Discovery dan Inquiry; Hasil Belajar; Kompetensi Dasar Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Jun 2014 02:44
Last Modified: 18 Jun 2014 02:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item