Korelasi antara motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011

Wachidah, Nur (2011) Korelasi antara motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111113_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111113_bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111113_bab2.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111113_bab3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111113_bab4.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111113_bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111113_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: (1) data empirik di lapangan tentang motivasi siswa kelas VII dalam mengikuti kegiatan pramuka di MTs. Negeri Kendal (2) data empirik di lapangan tentang kedisiplinan belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Kendal (3) data empirik di lapangan tentang korelasi antara motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Kendal Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh dari kegiatan penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket di lapangan untuk memperoleh data tentang motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka dan kedisiplinan belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan, bahwa hasil pengolahan data motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka diketahui bahwa nilai rata-ratanya 47,74. Hal ini berarti bahwa motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka kelas VII di MTs Negeri Kendal dalam kategori “cukup”, yaitu terletak pada interval 41- 48 dengan prosentase 22,22 %. Bahwa hasil perhitungan data tentang kedisiplinan belajar siswa diketahui nilai rata-ratanya sebesar 43,96. Hal ini berarti bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Kendal adalah “cukup baik”, yaitu pada interval 40 – 45 dengan prosentase sebesar 17,78 %. Dari analisis uji hipotesis melalui rumus korelasi product moment dari Pearson, bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Kendal. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,413. Kemudian dikonsultasikan dengan harga rt (tabel) pada taraf signifikansi 5% dan 1% dengan ketentuan jika ro > rt baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1%, maka signifikan dan hipotesis diterima. Sebaliknya, jika ro < rt baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1%, maka non signifikan dan hipotesis ditolak. Adapun hasil perhitungan tabel pada taraf signifikan 5 % menghasilkan ro = 0,413 sedangkan rt = 0,294. Sedangkan pada tabel signifikan 1 % menghasilkan ro = 0,413 sedangkan rt = 0,380. Karena, ro > rt, maka hasilnya signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya ada hubungan positif antara motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pramuka; Kedisiplinan Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 20 Jun 2014 03:24
Last Modified: 20 Jun 2014 03:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item View Item