Konsep ulul albab dalam Q.S. Ali Imran dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam

Ulum, Miftahul (2011) Konsep ulul albab dalam Q.S. Ali Imran dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111133_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111133_bab1.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111133_bab2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111133_bab3.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111133_bab4.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111133_bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111133_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Konsep ulul albab yang terdapat pada surat ali Imran ayat 190-195. 2). Hakekat tujuan Pendidikan Islam. 3). Relevansi ulul albab yang terdapat pada surat ali Imran ayat 190-195 terhadap tujuan pendidikan Islam Penelitian ini merupakan Library Research (penelitian kepustakaan), yakni dengan cara melakukan penelusuran terhadap sumber-sumber tertulis yang berkaitan dengan permasalahan yang penulis angkat dengan pendekatan content analisys. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan metode tafsir tahlili dan maudhu’i. Konsep ulul albab yang terdapat pada Q.S Ali Imran ayat 190-195 adalah orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara berzikir di manapun dan kapanpun dia berada. Mereka selalu menancapkan kalimatullah dalam hatinya, di samping itu dia mau menggunakan kecerdasannya dengan selalu berfikir dan menganalisa ciptaan Allah SWT, sehingga dengan kegiatan berfikir dan berzikir tersebut mereka mampu mengambil faidah darinya atas semua keagungan Allah SWT dan mau mengingat hikmah akal dan keutamaannya dalam segala situasi dan kondisi. Jelaslah bahwa dalam Q.S Ali Imran ayat 190-195, mengandung dua hal yang tidak terpisahkan, yaitu zikir dan fikir. Dengan melakukan dzikir dan fikir, maka sampailah manusia pada suatu kesimpulan bahwa Allah SWT menciptakan alam ini sarat dengan tujuan dan kemanfaatan bagi manusia. Selanjutnya mereka memohon kepada Allah SWT supaya mereka diberi petunjuk dan dihindarkan dari siksa api neraka. Pada dasarnya hakikat tujuan pendidikan Islam diarahkan kepada pencapaian target yang berkaitan dengan hakikat penciptaan manusia oleh Allah SWT. Dari sudut pandang ini, hakikat tujuan pendidikan Islam adalah membentuk kesadaran terhadap hakikat peserta didik sebagai abdullah yang selalu tunduk dan patuh atas semua aturan-aturan Allah SWT. Dan terbentuknya kesadaran akan fungsi dan tugasnya sebagai khalifah Allah di muka bumi dan selanjutnya dapat diwujudkan dalam kehidupannya sehari-hari. Melalui kesadaran ini seorang akan termotivasi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, meningkatkan sumber daya manusia, mengelola lingkungannya dengan baik, dan lain-lain. Konsep ulul albab dan tujuan pendidikan Islam merupakan dua kata yang saling ada keterikatan, karena antara konsep yang ada pada ulul albab dengan tujuan pendidikan adalah sama-sama bertujuan untuk menjadikan peserta didik sebagai abdullah yang selalu tunduk menghambakan diri kepada Allah SWT dengan cara menjalankan semua perintah Allah SWT dan meninggalkan semua larangannya agar benar-benar tercipta pada diri peserta didik menjadi manusia yang muttaqin. Disamping secara vertikal mereka menjadi seorang abdullah yang selalu beribadah, secara horisontal mereka adalah kholifah fil ardz yang mana mereka harus siap sedia menjalin persaudaraan antar sesama hidup bersosial dengan masyarakat luas, yang mana seorang kholifah fil ardz harus mampu mengaplikasikan pengetahuannya dan mau menyebarkan apa yang mereka miliki, sehingga ilmu yang mereka miliki tidak untuk diri sendiri tetapi juga untuk berdakwah li I’lai kalimatillah dan akhirnya menjadi manusia yang di damba masyarakat dan dipuja oleh Allah SWT sebagai insan yang sempurna (insan kamil).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 20 Jun 2014 03:25
Last Modified: 20 Jun 2014 03:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2226

Actions (login required)

View Item View Item