Keberagamaan pada masa remaja (studi pada siswa MA Mu’alimin Parakan Temanggung) tahun 2010/2011

Afroh, Qotriyatul (2011) Keberagamaan pada masa remaja (studi pada siswa MA Mu’alimin Parakan Temanggung) tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111142_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111142_bab1.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111142_bab2.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111142_bab3.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111142_bab4.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111142_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111142_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana keberagamaan siswa MA Mu’alimin Parakan Temanggung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode field research atau penelitian lapangan dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Peneliti langsung terjun ke lapangan, tempat penelitian melihat keadaan disana kemudian memperoleh berbagai informasi dan data-data yang dibutuhkan. Kemudian data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis induktif. Yaitu metode berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa yang konkrit, kemudian diambil kesimpulan yang bersifat umum. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diperoleh hasil tentang tingkat keberagamaan siswa MA Mu`alimin Parakan Temanggung, termasuk dalam kriteria sangat baik dengan melihat seluruh hasil penelitian tersebut. Dimensi keberagamaan yang menjadi indikator dari keberagamaaan siswa tersebut, yaitu dimensi pemaknaan terhadap agama yaitu bagaimana tingkatan siswa dalam memaknai agama yang mereka anut selama ini, dimensi pengetahuan agama yaitu bagaimana siswa mengetahui mengenai dasar-dasar ajaran agama yang mereka pegang, dimensi keyakinan yaitu bagaimana siswa meyakini kebenaran ajaran agamanya, dimensi praktek ibadah dimana siswa dapat melaksanakan ajaran agamanya, dimensi social dapat dilihat dari seberapa jauh siswa mampu bersosialisasi dengan lingkungannya, dimensi pengalaman keagamaan yaitu bagaimana wujud penghayatan siswa terhadap agama, dan dimensi konsekuensi beragama yaitu bagaimana rasa tanggung jawab mereka sebagai seorang agamis. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberagamaan mereka, yaitu adanya pemanfaatan jam pelajaran keagamaan secara maksimal, metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran serta, pemanfaatan lingkungan sekitar secara maksimal sebagai bentuk ekstra keagamaan, sehingga potensi keagamaan mereka semakin berkembang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para pendidik dan orang tua, para peneliti serta semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan Remaja; Masa Remaja; Pergaulan Remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 20 Jun 2014 06:56
Last Modified: 20 Jun 2014 06:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item