Penerapan model pembelajaran card sort dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas IV di MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara tahun pelajaran 2010/2011

Baidi, Nur (2011) Penerapan model pembelajaran card sort dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas IV di MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111176_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111176_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 73111176_bab1.pdf]
Preview
Text
73111176_bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 73111176_bab2.pdf]
Preview
Text
73111176_bab2.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 73111176_bab3.pdf]
Preview
Text
73111176_bab3.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 73111176_bab4.pdf]
Preview
Text
73111176_bab4.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 73111176_bab5.pdf]
Preview
Text
73111176_bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 73111176_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111176_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil judul Penerapan Model Card Sort Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV Di MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi adalah 1) Bagaimana Prestasi siswa sebelum dan sesudah penerapan model Card sort pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI Miftahul Huda Tegalsambi Kecamatan Tahunan kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011 2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam penerapan model Card Sort pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI Miftahul Huda Tegalsambi Kecamatan Tahunan kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011? 3) Sejauh manakah Penerapan model Card sort dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI Miftahul Huda Tegalsambi Kecamatan Tahunan kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan tindakan. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tes.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan metode card sort pada mata pelajaran Fiqih Kelas IV di MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara, yaitu guru mempersiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan baik, guru harus lebih meningkatkan motivasi peserta didik, guru lebih kreatif dalam pembelajaran dengan mengunakan metode Card sort, karena di dalam pembelajaran dengan card sort terdapat aspek-aspek pembelajaran diantaranya: aspek Constructivism, aspek Inquiry Discovery learning, Learning Community, Aspek Questioning, Modeling, aspek Reflectioning, aspek Authentic Assesment. 2) Prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model card sort menunjukkan perbedaaan yang signifikan dan tingkat ketuntasan yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa maupun prestasi yang dicapai oleh siswa. Pada siklus 1 dengan jumlah siswa 34 anak, dan KKM (Kriteria ketuntasan minimal) 70 serta tingkat ketuntasan 85%, terdapat 16 anak (47,06%) yang belum tuntas atau ketuntasan baru mencapai 52,94% sehingga untuk mencapai indikator yang telah ditetapkan sebesar 85% kurang 32,06 %. Namun pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu 100% siswa telah mencapai ketuntasan dengan kriteria siswa dengan nilai rata-rata 80,29, aspek kerjasama, dan keaktifan kelompok antar siswa mulai nampak, sehingga menambah semangat dan gairah dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa metode Card sort yang digunakan dalam pembelajaran Fikih dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pelajaran Fiqih; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 21 Jun 2014 01:34
Last Modified: 21 Jun 2014 01:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics