Penggunaan cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi pokok meneladani gaya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun pelajaran 2010/2011

Mahmudah, Mahmudah (2011) Penggunaan cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi pokok meneladani gaya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111190_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111190_bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111190_bab2.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111190_bab3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111190_bab4.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111190_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111190_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas VII di MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus, dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya pada materi pokok meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrosyidin dengan model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), dengan metode deskriptif analisis terhadap data yang penulis peroleh dari penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci dan bersifat operasional. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIIb MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun ajaran 2010/2011. Data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk aktifitas siswa dan guru. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I,II sampai tes akhir, yaitu siklus I (72,2%), siklus II (75,4%), tes akhir (79%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya pada materi pokok meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrosyidin, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran SKI. Selain itu, metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan pada bidang studi SKI di MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini disebabkan mamberi kemudahan pada siswa dalam memahami pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Cooperative Learning; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:35
Last Modified: 23 Jun 2014 04:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item