Upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas V dalam mata pelajaran PAI materi pokok baca tulis Al-Qur’an dengan memanfaatkan media audio visual SD Negeri Kandri 01 kec. Gunungpati kota Semarang.

Masduki, Masduki (2011) Upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas V dalam mata pelajaran PAI materi pokok baca tulis Al-Qur’an dengan memanfaatkan media audio visual SD Negeri Kandri 01 kec. Gunungpati kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111200_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111200_bab1.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111200_bab2.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111200_bab3.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111200_bab4.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111200_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111200_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran PAI materi pokok Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri Kandri 01 Kec. Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011. (2) Bagaimana penerapan Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran PAI dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PAI materi pokok Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri Kandri 01 Kec. Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas V semester 2, di SD Negeri Kandri 01 Kec. Gunungpati Kota Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas V melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi PAI yang belum memanfaatkan media audio visual. Sebelum peneliti menerapkan penggunaan media audio visual ini pada proses pembelajaran, terlebih dahulu peneliti melakukan observasi pra siklus dengan mengamati guru mitra mengajar.yaitu dengan diperoleh skor rata-rata observasi sebanyak 53,3. Kemudian untuk mengukur kemampuan siswa dengan instrumen soal tes di peroleh nilai rata-rata sebanyak 65,4. Melalui angket dan observasi sebagai instrument penelitian sebagaimana yang dilakukan pada pelaksanaan pra siklus, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam mencapai tujuan di atas mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada tahap siklus I rata-rata nilai tes meningkat menjadi 72,5 dan skor observasi 62,2. Selanjutnya, pada siklus II untuk skor observasi dan nilai tes dapat melebihi KKM sebesar 65 sesuai indikator ketercapaian yang ditetapkan. Dengan rata-rata nilai tes sebesar 78,12 dan skor observasi sebesar 68. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar dan semoga bisa memberikan sedikit kontribusi bagi dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al-Qur’an; Pendidikan Agama Islam (PAI); Media Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2014 05:39
Last Modified: 23 Jun 2014 05:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item