Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi iman kepada Kitab-kitab Allah SWT melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (studi tindakan kelas di MTs Al Ihsan Doglo Cepogo Boyolali kelas VIII tahun 2010

Jamzuri, Banani (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi iman kepada Kitab-kitab Allah SWT melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (studi tindakan kelas di MTs Al Ihsan Doglo Cepogo Boyolali kelas VIII tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111213_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111213_bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111213_bab2.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111213_bab3.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111213_bab4.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111213_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111213_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah SWT melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII MTs Al Ihsan Doglo Cepogo Boyolali tahun 2010. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan merupakan suatu proses yang memberikan kepercayaan kepada pengembangan kekuatan reflektif, diskusi, dan berpikir. Adapun pengumpulan datanya dengan cara: tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII MTs Al Ihsan Doglo Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2010. Penelitian terdiri atas dua siklus, setiap siklus meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan disusun skenario pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode Jigsaw. Pada tahap observasi, dilakukan pengamatan aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Tahap terakhir adalah refleksi atau analisis terhadap pelaksanaan pembelajaran dari awal sampai akhir. Indikator kinerja pada penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran Aqidah Akhlak dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dinilai efektif karena ada beberapa faktor penyebab yaitu: 1) peserta didik antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, 2) peserta didik banyak diberi kesempatan untuk mengalami atau melakukan sendiri, 3) mengembangkan kemampuan peserta didik untuk berfikir kritis dan kreatif serta mampu memecahkan masalah, 4) menciptakan ruangan kelas sebagai lingkungan belajar yang menyenangkan, 5) sedangkan guru dapat memahami dan mengenal peserta didik secara perorangan. Dalam hal ini berarti peserta didik menampakkan kesenangan dan keseriusan mengikuti pelajaran Aqidah Akhlak yang sedang berlangsung. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Aqidah Akhlak mampu meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 82,35%, dan pada siklus II meningkat menjadi 91,18%. Disamping itu, aktivitas belajar Aqidah Akhlak peserta didik juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Aqidah Akhlak; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:30
Last Modified: 24 Jun 2014 04:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item