Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Hasyim Asyari dalam Kitab Irsyadul Mu’minin

Suherman, Suherman (2013) Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Hasyim Asyari dalam Kitab Irsyadul Mu’minin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
0631111091-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0631111091-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0631111091-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0631111091-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0631111091-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0631111091-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0631111091-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (37kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian pendidikan di Indonesia pada aspek moral, yang perlu dicarikan pemecahannya. Salah satunya dengan kembali menggali ajaran dari kitab-kitab klasik yang terbukti selama ini telah mampu menjadikan peserta didik terutama dari kalangan pesantren mempunyai perilaku yang baik, salah satu kitab klasik yang mengajarkan akhlak adalah Kitab Irsyadul Mu’minin karya Hasyim Asyari. Dalam kitab ini tidak hanya mempunyai nilai yang komplek dalam menanamkan pendidikan akhlak pada pembaca dan orang yang mempelajarinya seperti siddiq, amanh, tabliq, fathonah, perilaku berani maju ke depan, sabar, kemuliaan, kesederhanaan, iklhlas dan sebagainya, yang nantinya mampu dijadikan pedoman dalam kehidupan siswa Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Hasyim Asyari dalam Kitab Irsyadul Mu’minin? 2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak menurut Hasyim Asyari dalam kitab Irsyadul Mu’minin dengan pendidikan Islam masa kini? Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang menggunakan pendekatan deskripstif analitis dimana sumber primernya Kitab Irsyadul Mu’minin karya Hasyim Asyari dan sumber sekundernya buku pendukung, data dari sumber yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan content analysis dan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Konsep pendidikan akhlak menurut Hasyim Asyari dalam Kitab Irsyadul Mu’minin adalah konsep pendidikan akhlak, akhlak yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan akhlak yang dicontohkan oleh ulama’ salaf yang shaleh, di dalam mkitab ini disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW akhlaknya adalah Al-Qur’an, beliau adalah seseorang yang mempunyai budi pekerti dan tabiat-tabiat yang baik, suka bekerja dan tidak suka banyak bicara, pemberani menjaga persatuan dan persahabatan, jujur dan memenuhi janji, murah hati dan berbuat kebaikan, zuhud dan taqwa, tawadhu’, pemberani dan penolong, menerima dan terjaga dari sesuatu yang hina dan perilaku karimah lainnya. Begitu juga ulama’ salaf juga merupakan sseorang yang menganut ajaran nabi dengan baik, mereka adalah orang yang taat terhadap agama, zuhud, tawadhu’, kasih sayang, berbuat adil, rela berkorban demi agama, pemberani, jujur, mencintai ilmu dan perilaku baik lainnya. 2) Relevansi konsep pendidikan akhlak menurut Hasyim Asyari dalam Kitab Irsyadul Mu’minin dengan pendidikan Islam masa kini adalah terciptanya siwa mempunyai akhlakul karimah. Pembentukan akhlak peserta didik sesuai dengan akhlak Nabi SAW dan ulama’ Salaf mamapu menjadikan siswa kuat dalam aqidah, akhlak dan membiasakan ibadah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga benar-benar terbentuk karakter yang muttaqin penuh dengan kejujuran pada peserta didik karena pembangunan bangsa dan terbentuklah sosok manusia cerdas, kreatif dan berakhlakul karimah penuh kesopanan yang siap membangun “peradaban dunia” yang lebih baik dengan landasan iman dan takwa kepada Allah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Hasyim Asyari
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 22 Nov 2013 03:22
Last Modified: 03 Dec 2013 04:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item