Studi korelasi antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah dengan prestasi siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Semarang

Muawanah, Muawanah (2011) Studi korelasi antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah dengan prestasi siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111518_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111518_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of 73111518_bab1.pdf]
Preview
Text
73111518_bab1.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 73111518_bab2.pdf]
Preview
Text
73111518_bab2.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 73111518_bab3.pdf]
Preview
Text
73111518_bab3.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 73111518_bab4.pdf]
Preview
Text
73111518_bab4.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 73111518_bab5.pdf]
Preview
Text
73111518_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 73111518_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111518_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi pestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih adalah lingkungan tempat tinggal siswa (asrama). Mata pelajaran Fiqih yang notabene adalah mata pelajaran aplikatif harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan materi Fiqih dalam kehidupan sehari-hari maka pemahaman siswa terhadap materi Fiqih menjadi lebih baik. Oleh karena itu, siswa yang tinggal di asrama memiliki prestasi yang lebih karena kegiatan di asrama mendukung pemahaman siswa terhadap materi Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana korelasi antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan di Asrama Madrasah dengan prestasi pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang? Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasi. Subyek penelitian sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu analisis pendahuluan, analisis hipotesis dan analisis lanjutan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi satu prediktor.
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil hipotesis dengan uji koefisien variabel menunjukkan adanya korelasi positif antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Penelitian ini ditunjukkan oleh harga Freg = 10, 346 yang telah dikonsultasikan dengan tabel pada signifikan 5% dan 1% yang hasilnya adalah signifikan, yaitu Freg = 10, 346 Ft (0,05) = 4,20 dan Ft (0,01) = 7,64. Dengan demikian, setelah diadakan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi diketahui adanya korelasi positif antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Artinya semakin baik partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah, maka semakin baik pula prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Namun sebaliknya, semakin buruk partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah, maka semakin buruk pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademik dan praktisi pendidikan terutama dalam rangka meningkat prestasi belajar peserta didik. Dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana sekolah, maka prestasi belajar peserta didik bisa maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Fiqih; Kegiatan Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:39
Last Modified: 24 Jun 2014 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics