Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Negeri kota Magelang tahun pelajaran 2011

Imadah, Imadah (2011) Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Negeri kota Magelang tahun pelajaran 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111549_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111549_bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111549_bab2.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111549_bab3.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111549_bab4.pdf - Accepted Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111549_bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111549_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) Tingkat kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Magelang Tahun Pelajaran 20l0l20ll; 2) Prestasi belajar mata pelajaran fiqih yang dicapai siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Magelang Tahun Pelajaran 201012011 ; 3) Apakah ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Magelang Tahun Pelajaran 201012011. Penelitian ini menggunakan jenis penelltian survai dengan tekhnik analisis regresi satu prediktor. Subjek penelitian sebanyak 72 responden, menggunakan tekhnik proportional random sampling. Pengumpulan data kemandirian belajar siswa dilakukan dengan menggunakan angket kemandirian belajar yang tercermin dalam 26 butir pemyataan dimana masing-masing item pernyataan disediakan 5 alternatifjawaban. Selanjutnya data prestasi belajar mata pelajaran fiqih dilakukan dengan melihat nilai hasil mengerjakan soal mata pelajaran fiqih. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs Negeri Kota Magelang Tatrun Pelajaran 20l0l20n. Ditunjukkan oleh (1) Skor rata-rata kemandirian belajar siswa 82,375. (2) Prestasi belajar mata pelajaran fiqih menunjukkan nilai rata-rata 85,694 (3) Berdasarkan klasifikasi, maka tingkat kemandirian belajar dan prestasi belajar mata pelajaran fiqih secara urnum termasuk dalarn kategori sedang. (4) Berdasarkan analisis regresi linier satu prediktor dapat ditarik kesimpulan bahwa : Ada pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih ditunjukkan oleh R.r,y : 0,707 dan R2ry = A,499 maka pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih sebesar A,499 X 100 : 49,9Yo yang ditunjukkan olehEhitung: 69,823 pada taraf kepercayaan a 0,01 : 7,01 dan untuk taraf kepercaymrL a 0,05 = 3,98, maka perbandingan F hitung > F tabel. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para malrasisw4 para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Fiqih; Kemandirian Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Jun 2014 03:40
Last Modified: 25 Jun 2014 03:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item