Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih mawaris melalui metode card sort di kelas XI IPA MA Al Hadi Girikusuma Mranggen kabupaten Demak tahun pelajaran 2009/2010

Hawari, Rif’an (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih mawaris melalui metode card sort di kelas XI IPA MA Al Hadi Girikusuma Mranggen kabupaten Demak tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111556_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111556_bab1.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111556_bab2.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111556_bab3.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111556_bab4.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111556_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111556_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan” 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Fiqih Mawaris oleh peserta didik kelas kelas XI IPA MA Al Hadi Girikusuma Mranggen Kabupaten Demak setelah mereka memperoleh pembelajaran dengan metode card sort. 2) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPA MA Al Hadi Girikusuma Mranggen Kabupaten Demak ketika menerima pembelajaran Fiqih Mawaris dengan metode card sort. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus III. Subyek penelitian sebanyak 27 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Fiqih Mawaris. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil peserta didik dan prosentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 70 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 81,48%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode card sort terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 2) Implementasi metode card sort pada pembelajaran Fiqih Mawaris juga dapat meningkatikan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Metode ini menuntut peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik ini dapat dilihat dari prosentase aktivitas peserta didik tiap siklusnya. Pada tahap pra siklus prosentase aktivitas peserta didik adalah 37,17% dengan kriteria sangat kurang, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 71,30% dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90,74% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Dengan aktifnya peserta didik dalam pembelajaran, maka proses pembelajaran berjalan dengan dinamis dan tidak monoton. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan bagi perbaikan kegiatan pembelajaran. Baik guru maupun praktisi pendidikan dapat menerapkan metode card sort ini dalam proses pembelajaran di sekolah mengingat metode card sort ini dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Fiqih Mawaris; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Jun 2014 04:13
Last Modified: 25 Jun 2014 04:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item