Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah melalui metode STAD (student teams achievement divisions) studi tindakan kelas pada kelas VIII semester I MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati tahun 2010/2011

Arsyad, Arsyad (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah melalui metode STAD (student teams achievement divisions) studi tindakan kelas pada kelas VIII semester I MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111557_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111557_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of 73111557_bab1.pdf]
Preview
Text
73111557_bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 73111557_bab2.pdf]
Preview
Text
73111557_bab2.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 73111557_bab3.pdf]
Preview
Text
73111557_bab3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 73111557_bab4.pdf]
Preview
Text
73111557_bab4.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 73111557_bab5.pdf]
Preview
Text
73111557_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 73111557_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111557_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah metode Student Teams Achievement Devisions (STAD) dapat meningkatan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik, mapel Aqidah Akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah di kelas VIII MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati Tahun Pelajaran 2010/2011?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Jumlah subyek penelitian adalah 35 peserta didik. Pengumpulan data mengunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode student teams achievement divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada kelas VIII semester I MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati. Sebelum dilakukan model pembelajaran metode student teams achievement divisions (STAD) ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,68 %, setelah dilaksanakan model pembelajaran ini pada siklus I mencapai 85,71 %, dan pada siklus II mencapai 94,29%. hal ini membuktikan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif metode (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah melalui metode student teams achievement divisions (STAD) studi tindakan kelas pada kelas VIII semester I MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati tahun 2010/2011. Disamping itu keaktifan belajar peserta didik prasiklus termasuk dala katagori kurang dengan prosentase aktifitas secara klasikal sebesar 42,86 % pada siklus I keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 21,14 % menjadi 64,00. Pada siklus I ini keaktifan belajar peserta didik termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II keaktifan belajar peserta didik semakin baik dengan peningkatan skor keaktifan belajar dari 64,00 meningkat sebesar 16,57% menjadi 80,57 dan termasuk dalam kategori sangat baik.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan bagi perbaikan kegiatan pembelajaran. Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif metode student teams achievement divisions (STAD) ini dalam proses pembelajaran sekolah mengingat model pembelajaran kooperatif metode student teams achievement divisions (STAD) ini dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Jun 2014 04:15
Last Modified: 25 Jun 2014 04:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics