Problematika pembiasaan dalam pembelajaran agama Islam di MI Ma’arif Wagirpandan kecamatan Rowokele kabupaten Kebumen

Hanifudin, Akhmad (2011) Problematika pembiasaan dalam pembelajaran agama Islam di MI Ma’arif Wagirpandan kecamatan Rowokele kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111558_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111558_bab1.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111558_bab2.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111558_bab3.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111558_bab4.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111558_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111558_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembiasaan dalam pembelajaran agama Islam di MI Ma’arif Wagirpandan Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen. 2) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembiasaan dalam pembelajaran agama Islam di MI Ma’arif Wagirpandan Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individu, situasi atau kelompok tertentu secara akurat setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif.. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembiasaan dalam pembelajaran agama Islam di MI Ma’arif Wagirpandan Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen berkisar pada ketidak disiplinan guru, murid dan kurang dukungan dari orang tua. 2) solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembiasaan dalam pembelajaran agama Islam di MI Ma’arif Wagirpandan Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen yaitu proses pembelajaran Agama Islam harus mempunyai tiga pilar penting. Ketiga pilar itu yaitu sekolah, masyarakat, dan keluarga. Pengertian keluarga tersebut nyata dalam peran orang tua, ketiga pilar tersebut harus saling mendukung untuk membiasakan pembiasaan yang mengarah pada pembentukan akhlakul karimah siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Jun 2014 04:15
Last Modified: 25 Jun 2014 04:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item