Studi komparasi model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) melalui penerapan teori belajar modelling dan observational learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok himpunan di MTs NU Al Hidayah Kudus tahun pelajaran 2010/2011

Fridaniati, Kurnia (2011) Studi komparasi model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) melalui penerapan teori belajar modelling dan observational learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok himpunan di MTs NU Al Hidayah Kudus tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511009_Kurnia_Fridaniati]
Preview
Text (SKRIPSI_073511009_Kurnia_Fridaniati)
73511009_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of 73511009_bab1.pdf]
Preview
Text
73511009_bab1.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 73511009_bab2.pdf]
Preview
Text
73511009_bab2.pdf - Accepted Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of 73511009_bab3.pdf]
Preview
Text
73511009_bab3.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 73511009_bab4.pdf]
Preview
Text
73511009_bab4.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 73511009_bab5.pdf]
Preview
Text
73511009_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 73511009_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511009_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam mata pelajaran matematika dengan menggunakan keterkaitan kehidupan nyata akan membantu peserta didik yang belum sepenuhnya bisa berpikir abstrak dan tentunya lebih memudahkan peserta didik untuk mengingat materi yang telah diajarkan. Dan kerjasama antara teman juga bisa membantu peserta didik yang kurang memahami materi.
Di MTs NU Al Hidayah pelajaran matematika khususnya di kelas VII, materi yang dianggap sulit oleh peserta didik adalah materi himpunan pada penyajian himpunan dalam diagram Venn. Peserta didik masih kebingungan dalam menyajikan himpunan dalam diagram Venn karena mungkin dalam menyampaikan materi tidak ada keterkaitan dengan kehidupan nyata sehingga sebagian besar nilai mereka dibawah KKM.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran RME dan model pembelajaran TPS melalui penerapan teori belajar Modelling dan Observational Learning pada peserta didik kelas VII Semester II pada materi pokok Himpunan di MTs NU Al Hidayah Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Hasil belajar manakah yang lebih baik antara yang menggunakan model pembelajaran RME dan model pembelajaran TPS melalui penerapan teori belajar Modelling dan Observational Learning pada peserta didik kelas VII Semester II pada materi pokok Himpunan di MTs NU Al Hidayah Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs NU Al Hidayah tahun pelajaran 2010/2011. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen I yang dikenai pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran RME melalui penerapan teori belajar Modelling dan Observational Learning dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II yang dikenai pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TPS melalui penerapan teori belajar Modelling dan Observational Learning.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Metode observasi bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang sedang berlangsung, metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai Matematika semester gasal, metode tes yang digunakan adalah tes akhir, dan metode angket bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru dan peserta didik dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan model pembelajaran tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen I lebih baik dibandingkan dengan rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen II. Ini menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran RME melalui penerapan teori belajar Modelling dan Observational Learning lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TPS melalui penerapan teori belajar Modelling dan Observational Learning, ditunjukkan dengan thitung = 3,154 > ttabel= 1,68.
Simpulan penelitian ini adalah (1) rata-rata kedua kelas eksperimen berbeda, hal ini terbukti dengan nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 73,41 dan rata-rata kelas eksperimen II sebesar 68,51 (2) rata-rata hasil belajar kelas RME melalui penerapan teori belajar Modelling dan Observational Learning lebih baik dibandingkan dengan rata-rata belajar kelas TPS melalui penerapan teori belajar Modelling dan Observational Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Modelling dan observational Learning; Realistic Mathematics Education (RME); Think Pair Share (TPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 26 Jun 2014 03:33
Last Modified: 07 Jun 2021 08:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2318

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics