Efektivitas pembelajaran matematika dengan pemberian reward melalui metode pembelajaran trade a-problem terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok suku banyak peserta didik kelas XI IPA MA Negeri 01 Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Lubis, Ma’luf (2011) Efektivitas pembelajaran matematika dengan pemberian reward melalui metode pembelajaran trade a-problem terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok suku banyak peserta didik kelas XI IPA MA Negeri 01 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511022_Ma'luf_Lubis]
Preview
Text (SKRIPSI_073511022_Ma'luf_Lubis)
73511022_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73511022_bab1.pdf]
Preview
Text
73511022_bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 73511022_bab2.pdf]
Preview
Text
73511022_bab2.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 73511022_bab3.pdf]
Preview
Text
73511022_bab3.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 73511022_bab4.pdf]
Preview
Text
73511022_bab4.pdf - Accepted Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 73511022_bab5.pdf]
Preview
Text
73511022_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 73511022_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511022_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di MA Negeri 01 Semarang, saat ini masih didominasi oleh pendekatan ekspositori sehingga peserta didik hanya menerima apa yang diberikan oleh gurunya. Hal tersebut kurang menunjang suasana dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan kejenuhan dan kebosanan pada diri peserta didik sehingga menyebabkan banyak peserta didik tidak tertarik dan tidak berminat terhadap pelajaran matematika. Salah satu strategi pembelajaran yang mengatasi permasalahan di atas adalah metode pembelajaran trade a-problem yang menuntut peserta didik untuk aktif merumuskan soal sendiri, dan jawaban dari soal itu dibuat oleh peserta didik sendiri.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian reward melalui metode trade a-problem efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok suku banyak kelas XI IPA MA Negeri 01 semarang tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA yang terdiri dari 5 kelas. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pemberian reward melalui metode pembelajaran trade a-problem dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan metode pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis awal terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Untuk menguji tes digunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 5,323 dan ttabel = 1,67. Daerah penerimaan Ho adalah jika thitung < 1,67, jelas bahwa Ho ditolak. Hal ini berarti hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Data hasil belajar pada kedua kelompok tersebut kemudian dianalisis uji ketuntasan belajar. Pada kelas eksperimen, ketuntasan klasikal 82,35% dan rata-rata kelas 86,882. Sedangkan pada kelas kontrol, ketuntasan klasikal 69,44% dan rata-rata kelas 70,472. Hal ini dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian reward melalui metode pembelajaran trade a- problem efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok suku banyak kelas XI IPA MA Negeri 01 semarang tahun pelajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Jun 2014 08:20
Last Modified: 16 Jun 2021 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics