Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Dewi, Dewi (2011) Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511012_Dewi]
Preview
Text (SKRIPSI_073511012_Dewi)
73511012_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab1.pdf]
Preview
Text
73511012_bab1.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab2.pdf]
Preview
Text
73511012_bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab3.pdf]
Preview
Text
73511012_bab3.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab4.pdf]
Preview
Text
73511012_bab4.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab5.pdf]
Preview
Text
73511012_bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511012_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “(1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok himpunan kelas VII A MTs Hasyim Asy’ari Welahan Jepara? (2) Apakah penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok himpunan kelas VII A MTs Hasyim Asy’ari Welahan Jepara?”
Penelitian ini bertujuan untuk “(1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi pada materi pokok himpunan kelas VII A MTs Hasyim Asy’ari Welahan Jepara. (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi pada materi pokok himpunan kelas VII A MTs Hasyim Asy’ari Welahan Jepara.”
Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII A MTs Hasyim Asy’ari Welahan Jepara tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 anak. Adapun kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan madrasah untuk mata pelajaran matematika adalah 70. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan, siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan. Pada pra siklus minat belajar hanya mencapai 50%. Nilai rata-rata kelas 77, masih ada 5 peserta didik tidak tuntas belajar nilainya di bawah KKM, dan ketuntasan klasikal mencapai 86%.
Pengolahan data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan pembelajaran. Pada siklus I minat belajar mencapai rata-rata 81%. Nilai rata-rata kelas 85 dengan 100% peserta didik tuntas belajar. Pada siklus II minat belajar mencapai rata-rata 84% minat belajar tinggi.Nilai rata-rata kelas 92 dengan 100% peserta didik tuntas belajar. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran resource based learning dengan memanfaatkan lingkungan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII A MTs Hasyim Asy’ari Welahan Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Minat Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Jun 2014 08:22
Last Modified: 19 Jun 2021 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2327

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics