Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Dewi, Dewi (2011) Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511012 _Dewi]
Preview
Text (SKRIPSI_073511012 _Dewi)
73511012_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab1.pdf]
Preview
Text
73511012_bab1.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab2.pdf]
Preview
Text
73511012_bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab3.pdf]
Preview
Text
73511012_bab3.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab4.pdf]
Preview
Text
73511012_bab4.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab5.pdf]
Preview
Text
73511012_bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511012_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga pada materi lingkaran pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011. (2) apakah penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011 pada materi lingkaran dapat ditingkatkan atau tidak.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII B melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar yang belum optimal, artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subyek penelitian ini adalah kelas VIII B MTs Miftahul Falah Dukuh Pati yang jumlahnya 30 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif serta hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai persentase 23,2 % dan rata-rata tes akhir 48,8. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,83% dan rata-rata tes akhir 66. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 80 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 83,6. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga. Dengan strategi elaborasi PQ4R dalam pembelajaran matematika materi lingkaran, peserta didik dapat menentukan sendiri unsur-unsur pada lingkaran, menemukan konsep dan rumus dan keliling lingkaran, serta sudah tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan nilai phi pada waktu mencari keliling dan luas lingkaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Matematika; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Jun 2014 08:23
Last Modified: 19 Jun 2021 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics