Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII semester 2 pada materi pokok panjang garis singgung persekutuan luar lingkaran MTs Hasan Kafrawi Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011

Aristiyani, Lia (2011) Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII semester 2 pada materi pokok panjang garis singgung persekutuan luar lingkaran MTs Hasan Kafrawi Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73511058_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73511058_bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73511058_bab2.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73511058_bab3.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73511058_bab4.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73511058_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73511058_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalan penelitian ini yaitu apakah implementasi model pembelajaran pemberian reward dan punishment berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi garis singgung persekutuan luar lingkaran pada peserta didik kelas VIII MTs Hasan Kafrawi Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi pemberian reward dan punishment secara berkelompok maupun individu terhadap hasil belajar matematika materi pokok garis singgung persekutuan luar lingkaran pada peserta didik kelas VIII MTs Hasan Kafrawi Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester 2 MTs Hasan Kafrawi Mayong Jepara yang terbagi dalam 4 kelas sebanyak 144 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Terpilih peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh t = 2,0255 sedangkan nilai t = 1,9939. Karena t > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan model pemberian reward dan punishment secara berkelompok maupun individu lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran langsung dengan metode ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa pemberian reward dan punishment secara berkelompok maupun individu berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok garis singgung persekutuan luar lingkaran di kelas VIII MTs Hasan Kafrawi Mayong Jepara, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran dengan pemberian reward dan punishment dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Reward dan Punishment; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:38
Last Modified: 01 Jul 2014 04:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2342

Actions (login required)

View Item View Item