Pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dengan media circle puzzle terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok keliling dan luas lingkaran kelas VIII MTs Sabilul Ulum Mayong tahun pelajaran 2010/2011

Tristiana, Arina (2011) Pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dengan media circle puzzle terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok keliling dan luas lingkaran kelas VIII MTs Sabilul Ulum Mayong tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511075_Arina_Tristiana]
Preview
Text (SKRIPSI_073511075_Arina_Tristiana)
73511075_COVERDLL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73511075_BAB1.pdf]
Preview
Text
73511075_BAB1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 73511075_BAB2.pdf]
Preview
Text
73511075_BAB2.pdf - Accepted Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 73511075_BAB3.pdf]
Preview
Text
73511075_BAB3.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 73511075_BAB4.pdf]
Preview
Text
73511075_BAB4.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 73511075_BAB5.pdf]
Preview
Text
73511075_BAB5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 73511075_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511075_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penuturan salah satu guru matematika di M.Ts. Sabilul Ulum Mayong menyatakan bahwa dalam proses pembelajaran materi Keliling dan Luas Lingkaran, peserta didik langsung diberi konsep sehingga mereka tidak mempunyai kesempatan untuk meningkatkan proses berpikir mereka. Proses berpikir peserta didik hanya digunakan pada saat mengerjakan soal, sehingga jika ada variasi soal yang membutuhkan proses berpikir lebih, mereka akan kesulitan dalam menyelesaikannya. Selain itu, penggunaan media juga jarang sekali dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. Keterbatasan penggunaan media menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal-soal yang bervariasi. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan meningkatkan proses berpikir peserta didik adalah Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) disertai dengan media circle puzzle karena berhubungan dengan materi keliling dan luas lingkaran. Melalui penelitian ini, diimplementasikan strategi pembelajaran tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalan penelitian ini yaitu apakah Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan media circle puzzle mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok keliling dan luas lingkaran kelas VIII M.Ts. Sabilul Ulum Mayong tahun pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan media circle puzzle terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok keliling dan luas lingkaran kelas VIII M.Ts. Sabilul Ulum Mayong tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II M.Ts. Sabilul Ulum Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terbagi dalam 4 kelas sebanyak 159 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 2,015 sedangkan nilai t = 1,6654. Karena t > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan media circle puzzle berbeda secara signifikan daripada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar tanpa menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan media circle puzzle.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan media circle puzzle mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok keliling dan luas lingkaran kelas VIII M.Ts. Sabilul Ulum Mayong tahun pelajaran 2010/2011, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan media circle puzzle.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Media Pembelajarn; Circle Puzzle; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 05:47
Last Modified: 19 Jun 2021 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics