Efektivitas model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU 01 Cepiring Kendal pada materi pokok getaran dan gelombang tahun ajaran 2010/2011

Ruaifah, Umi (2011) Efektivitas model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU 01 Cepiring Kendal pada materi pokok getaran dan gelombang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73611017_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611017_bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611017_bab2.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611017_bab3.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611017_bab4.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611017_bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611017_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem posing secara berkelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU 01 Cepiring Kendal pada materi pokok Getaran Dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di MTs NU 01 Cepiring Kabupaten Kendal. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 36 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk mengambil data nama peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice tes) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji keseimbanganya dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing secara berkelompok sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran problem posing. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji perbedaan dua rata-rata yaitu dengan uji t satu pihak kanan. Berdasarkan Uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5% dan n = 36 diperoleh ttabel =2,29. Sedangkan thitung = 3,785. Karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa pengajaran fisika dengan model pembelajaran problem posing secara berkelompok lebih evektif dari pada pengajaran fisika dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 72,11 dan kelompok kontrol = 64,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada materi pokok getaran dan gelombang dengan menggunakan problem posing lebih baik daripada hasil belajar fisika materi pokok getaran dan gelombang dengan pembelajaran konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan menjadi inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dalam proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Problem Posing; Fisika; Getaran dan Gelombang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 05:52
Last Modified: 14 Jul 2014 05:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item View Item