Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dalam meningkatkan hasil belajar fisika materi pokok usaha dan energi peserta didik kelas VIII SMP NU Hasanuddin 6 Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Baidhah, Durotul (2011) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dalam meningkatkan hasil belajar fisika materi pokok usaha dan energi peserta didik kelas VIII SMP NU Hasanuddin 6 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73611020_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611020_bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611020_bab2.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611020_bab3.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611020_bab4.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611020_bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611020_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika materi pokok usaha dan energi peserta didik kelas VIII SMP NU Hasanuddin 6 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP NU Hasanuddin 6 Semarang Tahun pelajaran 2010/2011, pada pengambilan sampel digunakan metode purposive sampling, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas VIII B sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, pada desain penelitian ini, peneliti membandingkan subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data peserta didik yang termasuk populasi dan sampel dalam penelitian dan data-data yang terkait dalam penelitian. Dari metode observasi diperoleh data tentang proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan metode konvensional. Tes diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum tes akhir tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda pada kelas uji coba. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas, uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t = 3.776 dan t = t = 1.66 dengan α = 5% dan dk = 36 + 36 - 2 = 70. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen sebesar 75.972, sedangkan kelompok kontrol sebesar 68.75. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok kontrol. Dengan kata lain model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika materi pokok usaha dan energi peserta didik kelas VIII SMP NU Hasanuddin 6 Semarang tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Numbered Head Together (NHT); Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 05:55
Last Modified: 14 Jul 2014 05:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item