Penerapan metode team quiz sebagai upaya meningkatkan hasil belajar kimia pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi: studi kasus peserta didik kelas XPi 4 MA Salafiyah Simbangkulon Pekalongan tahun ajaran 2010/2011

Kirom, Mailal (2011) Penerapan metode team quiz sebagai upaya meningkatkan hasil belajar kimia pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi: studi kasus peserta didik kelas XPi 4 MA Salafiyah Simbangkulon Pekalongan tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73711003_coverdll.pdf]
Preview
Text
73711003_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 73711003_bab1.pdf]
Preview
Text
73711003_bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 73711003_bab2.pdf]
Preview
Text
73711003_bab2.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 73711003_bab3.pdf]
Preview
Text
73711003_bab3.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 73711003_bab4.pdf]
Preview
Text
73711003_bab4.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 73711003_bab5.pdf]
Preview
Text
73711003_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 73711003_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73711003_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendasari judul ini diantaranyan adalah belum adanya variasi guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik di sekolah, guru lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik cenderung kurang aktif di kelas ketika pembelajaran. Hasil belajar peserta didik juga masih rendah dimana nilai rata-ratanya belum memenuhi KKM yang ditetapkan oleh ssekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan metode team quiz pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi. 2) melalui penerapan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia materi pokok reaksi reduksi oksidasi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XPi 4 MA Salafiyah Simbangkulon Pekalongan tahun ajaran 2010/2011. Dari hasil wawancara peneliti kepada guru mata pelajaran kimia, keaktifan peserta didik dalam materi reaksi reduksi oksidasi masih kurang aktif. Peserta didik hanya menunggu sajian dari guru sehingga mereka kurang aktif dalam menemukan konsep sendiri. Dalam mempelajari materi reaksi redoks peserta didik cenderung menghafalkan contoh, sehingga konsep yang mereka terima akan sulit dipahami. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode team quiz.
Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XPi 4 MA Salafiyah Simbangkulon Pekalongan tahun pelajaran 2010/ 2011 dengan jumlah 45 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil belajar peserta didik diperoleh dari nilai Lembar Kerja Diskusi Kelompok yang dikerjakan oleh peserta didik dengan menggunakan metode team quiz dan nilai tes evaluasi di tiap akhir siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, rata-rata hasil belajar 56,97 dengan ketuntasan belajar 50%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, dengan metode team quiz, peserta didik menjadi aktif dan pemahaman konsep peserta didik menjadi meningkat. Rata-rata hasil belajar sebesar 67,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,11%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus I, rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu sebesar 70 dan ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi dengan metode team quiz meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Team Quiz; Hasil Belajar; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 06:00
Last Modified: 14 Jul 2014 06:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics