Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi pokok kepribadian Nabi SAW dengan strategi information search (studi tindakan kelas IV MI Kalibening, Dukun, Magelang, tahun ajaran 2010/2011)

Roifah, Roifah (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi pokok kepribadian Nabi SAW dengan strategi information search (studi tindakan kelas IV MI Kalibening, Dukun, Magelang, tahun ajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111199_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111199_bab1.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111199_bab2.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111199_bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111199_bab4.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111199_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111199_bibliografi.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan Strategi Information Search. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana penerapan Strategi Information Search mata pelajaran SKI Kelas IV Materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW di MI Kalibening Dukun Magelang Tahun 2010?, (2) Apakah penerapan Strategi Information Search dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI Kelas IV Materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW di MI Kalibening Dukun Magelang pada tahun 2010? Penelitian ini adalah termasuk penelitian Tindakan Kelas (Action Research) untuk memecahkan masalah yang terjadi serta mencari kebenaran secara praktis. Pada tahun ajaran 2008/2009 kelas IV MI Kalibening pada mata pelajaran SKI menunjukkan rata-rata yang masih rendah. Semangat belajar peserta didik juga menurun. Berdasarkan pada hal-hal tersebut maka perlu adanya profesionalitas guru untuk mendesain pembelajaran yang menyenangkan juga prestasi yang meningkat. Penelitian yang dilakukan dengan dua siklus ini ternyata bisa meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan menggunakan Strategi Information Search, peserta didik aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan mencari informasi-informasi yang tersedia sesuai dengan pokok materi kepribadian Nabi Muhammad, menumbuhkan keanekaragaman pendapat, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang sangat berharga. Pembelajaran melalui strategi Information Search terdiri dari Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Pada tahap prasiklus rata-rata hasil belajar siswa 63,28 dengan ketuntasan belajar 61,90%. Pada siklus I rata-rata 65,29 dengan ketuntasan belajar 61,90% sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata 74,25 dengan ketuntasan belajar 95,23%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI khususnya materi pokok kepribadian Nabi SAW melalui strategi Information Search meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari prosentasi kesiapan dan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran pada tahap pra siklus, siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pihak manapun utamanya para guru dan pihak madrasah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Metode Pembelajaran; Information Search
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 15 Jul 2014 02:59
Last Modified: 15 Jul 2014 02:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2374

Actions (login required)

View Item View Item