Upaya peningkatan hasil belajar aqidah akhlak pada materi membiasakan akhlak terpuji melalui metode sosiodrama pada siswa kelas V di MI An Nur Deyangan kecamatan Mertoyudan kabupaten Magelang

Muhaimin, M. (2011) Upaya peningkatan hasil belajar aqidah akhlak pada materi membiasakan akhlak terpuji melalui metode sosiodrama pada siswa kelas V di MI An Nur Deyangan kecamatan Mertoyudan kabupaten Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111202_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111202_bab1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111202_bab2.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111202_bab3.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111202_bab4.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111202_bab5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111202_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode sosiodrama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi membiasakan akhlak terpuji kelas V di MI An Nur Deyangan Tahun Pelajaran 2010 / 2011, dan Untuk mengetahui apakah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi membiasakan akhlak terpuji kelas V di MI An Nur Deyangan Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas V MI An Nur Deyangan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebanyak 15 orang Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis individual pada akhir pembelajaran, dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran Aqidah Akhlak sebelum penerapan metode sosiodrama, data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran Aqidah Akhlak sebelum penerapan metode sosiodrama dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan metode sosiodrama dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas V MI An Nur Deyangan yaitu pada siklus I 40%, siklus II 54,9% dan siklus III 78,3%. Penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas V MI An Nur Deyangan yaitu dari 65,2 menjadi 82,8 atau meningkat 17.6 poin Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan positif yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Jadi hipotesis yang penulis ajukan “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada Materi Membiasakan Akhlak Terpuji Melalui Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V di MI An Nur Deyangan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang” terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata tes tertulis siswa meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Sosiodrama; Hasil Belajar; Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 15 Jul 2014 03:02
Last Modified: 15 Jul 2014 03:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item