Upaya peningkatan hasil belajar materi pokok QS. al-Bayyinah melalui metode card sort pada siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak tahun ajaran 2010/2011

Mursyidin, Mursyidin (2011) Upaya peningkatan hasil belajar materi pokok QS. al-Bayyinah melalui metode card sort pada siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 0931111204_coverdll.pdf]
Preview
Text
0931111204_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 0931111204_bab1.pdf]
Preview
Text
0931111204_bab1.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 0931111204_bab2.pdf]
Preview
Text
0931111204_bab2.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 0931111204_bab3.pdf]
Preview
Text
0931111204_bab3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 0931111204_bab4.pdf]
Preview
Text
0931111204_bab4.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 0931111204_bab5.pdf]
Preview
Text
0931111204_bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 0931111204_bibliografi.pdf]
Preview
Text
0931111204_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan metode card sort pada pembelajaran Al-Qur’an materi pokok QS. al-Bayyinah bagi peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak tahun ajaran 2010/2011). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana penerapan metode card sort pada pembelajaran Al-Qur’an materi pokok QS. al-Bayyinah di kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak? 2) Adakah peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak pada pembelajaran Al-Qur’an materi pokok QS. al-Bayyinah setelah menerapkan metode card sort?. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode card sort pada pembelajaran Al-Qur’an materi pokok QS. al-Bayyinah di kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dari perencanaan peneliti membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran, menyediakan kartu cabang dan induk, menyediakan alat peraga merancang pembentukan kelompok, menyusun kuis, menyiapkan lembar observasi dan pendokumentasian. Kemudian dilakukan tindakan yang merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan berupa doa dan absensi, tahap pelaksanaan peneliti menyuruh siswa membaca bersama-sama QS. al-Bayyinah dan guru membaca sendiri QS. al-Bayyinah dengan benar dan didengarkan semua siswa, dilanjutkan guru menyuruh peserta didik mencari kartu cabang dan mencocokkannya pada kartu induk baik secara individu maupun kelompok, terakhir penutup dengan memberikan soal dan berdo’a bersama. 2) Peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak pada pembelajaran Al-Qur’an materi pokok QS. al-Bayyinah setelah menerapkan metode card sort dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik persiklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 dan rata-rata kelas 6,46 yaitu 50% meningkat menjadi 62,5% pada siklus I dengan KKM 70 dan rata-rata kelas 7,12, naik lagi pada siklus II dengan KKM 70 dan rata-rata kelas 7,8 yaitu 78,1%, terakhir pada siklus III dengan KKM 70 dan rata-rata kelas 8,5 sudah mencapai 90,7%. Demikian juga dengan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran al-qur’an materi pokok QS Al-Bayyinah pada kategori baik dan baik sekali juga meningkat persiklus yaitu di siklus I keaktifan siswa mencapai 56% naik menjadi 75% pada siklus II dan pada akhir siklus III menjadi 87,6% ini menunjukkan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar juga keaktifan belajar siswa dengan menggunakan active learning tipe card sort dalam pembelajaran Al-Qur’an materi pokok QS. al-Bayyinah berhasil dan mencapai indikator yang di tentukan yaitu 80%. Ini menunjukkan hasil belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Card Sort; Hasil Belajar; Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 15 Jul 2014 03:37
Last Modified: 15 Jul 2014 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2377

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics