Problematika pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih di Madrasah Diniyyah Al Huda desa Pulosari kecamatan Karangtengah Demak tahun pelajaran 2011

Muhtarom, Muhtarom (2011) Problematika pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih di Madrasah Diniyyah Al Huda desa Pulosari kecamatan Karangtengah Demak tahun pelajaran 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111206_coverdll.pdf]
Preview
Text
093111206_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 093111206_bab1.pdf]
Preview
Text
093111206_bab1.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 093111206_bab2.pdf]
Preview
Text
093111206_bab2.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 093111206_bab3.pdf]
Preview
Text
093111206_bab3.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 093111206_bab4.pdf]
Preview
Text
093111206_bab4.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 093111206_bab5.pdf]
Preview
Text
093111206_bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 093111206_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111206_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Mata Pelajaran fiqih di Madrasah Diniyyah Al Huda Desa Pulosari Kecamatan Karangtengah Demak, (2) mengetahui problematika Pelaksanaan pembelajaran Mata Pelajaran fiqih di Madrasah Diniyyah Al Huda Desa Pulosari Kecamatan Karangtengah Demak.
Data-data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, interview serta dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Kesimpulan/temuan penelitian ini meliputi : (1) pelaksanaan pembelajaran Mata Pelajaran fiqih di Madrasah Diniyyah Al Huda Desa Pulosari Kecamatan Karangtengah Demak yakni pembelajaran Mata Pelajaran fiqih di Madrasah Diniyyah Al Huda mempunyai tujuan agar peserta didik dapat mengetahui, memahami dan mengamalkan materi yang telah diajarkan; materi yang disampaikan diambil dari Kitab Mabaidul Fiqhiyyah Juz 1 sampai dengan Juz 4; metode yang digunakan antara lain metode bandongan, metode ceramah, metode tanya jawab, metode hafalan; alat pembelajarannya masih tradisional, yaitu kapur, papan tulis, tempat shalat dan kitab pegangan; kemudian evaluasinya dilaksanakan bersamaan dengan Mata Pelajaran lain yang dilaksanakan 3 kali dengan sistem cawu, (2) problematika Pelaksanaan pembelajaran Mata Pelajaran fiqih di Madrasah Diniyyah Al Huda Desa Pulosari Kecamatan Karangtengah Demak meliputi antara lain : dari segi tenaga pendidik, tenaga pendidik Mata Pelajaran fiqih merangkap Mata Pelajaran yang lain, dan ada salah satu pendidik kurang persiapan; materi yang disampaikan ada yang belum bersifat kontinyu yaitu antara kelas I dan kelas II serta ada materi yang dirasa belum relevan untuk diajarkan di kelas III yakni tentang bab haji; metode yang digunakan masih konvensional seperti bandongan, ceramah, tanya jawab, dan hafalan belum ada metode demonstrasi; alat pembelajarannya belum ada alat bantu yang lain misalnya gambar tentang tata cara wudlu atau shalat; evaluasinya masih menitikberatkan pada pengetahuan kognitif.
Kemudian dari kajian dan temuan tersebut kiranya dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan proses pembelajaran secara baik dan efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi pendidik dan orang tua peserta didik di Madrasah Diniyyah Al Huda Desa Pulosari Kecamatan Karangtengah Demak, para pecinta ilmu, masyarakat dan para mahasiswa khususnya yang berada di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fiqih; Problem Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 15 Jul 2014 03:38
Last Modified: 15 Jul 2014 03:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2378

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics