Upaya meningkatkan hasil belajar materi amalan-amalan di bulan Ramdhan dengan menerapkan metode reading guide pada siswa kelas III MI Al-Iman Tleter Kaloran kabupaten Temanggung semester genap tahun pelajaran 2010/2011

Sinwan, Sinwan (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar materi amalan-amalan di bulan Ramdhan dengan menerapkan metode reading guide pada siswa kelas III MI Al-Iman Tleter Kaloran kabupaten Temanggung semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111209_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111209_bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111209_bab2.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111209_bab3.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111209_bab4.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111209_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111209_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui penerapan metode reading guide dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas III pada mata pelajaran fiqih materi tentang amalan-amalan di bulan ramadhan di MI Al-Iman Tleter Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, 2) Untuk mengetahui penerapan metode reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran fiqih materi tentang amalan-amalan di bulan ramadhan di MI Al-Iman Tleter Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Subyek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Tleter dengan jumlah 14 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua putaran(siklus). Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil nilai kemampuan menulis dan tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar yang terdiri dari observasi untuk guru dan siswa yang meliputi observasi untuk aktifitas belajar siswa dan observasi untuk hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi data hasil belajar, data tentang situasi belajar mengajar, data tentang refleksi, data tentang keterkaitan antara perencanaan dengan perencanaan dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa aktifitas belajar tersebut dibuktikan dengan prosentase pada pelaksanaan siklus I (6,0%) ke siklus II menjadi (7,4%) atau meningkat sebesar (14%) dan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan prosentase pada pelaksanaan siklus I (57%) dan ke siklus II meningkat sebesar (79%) atau meningkat sebesar (22%). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui metode reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi tentang mengenal amalan-amalan dibulan ramadhan di MI Al-Iman Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran fiqih. Kata Kunci : Hasil Belajar, Fiqih, Metode Reading Guide.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Reading Guide; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.36 Special days of Islam. Saum Ramadhan
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 15 Jul 2014 03:41
Last Modified: 15 Jul 2014 03:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item