Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI dengan pokok materi mengenal peristiwa Fathu Makkah melalui metode team quiz pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Waringin Putih Borobudur Magelang

Katarina, Ismi (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI dengan pokok materi mengenal peristiwa Fathu Makkah melalui metode team quiz pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Waringin Putih Borobudur Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111214_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111214_bab1.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111214_bab2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111214_bab3.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111214_bab4.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111214_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111214_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi: Program Kualifikasi S1 jurusan Pendidikan agama Islam IAIN Walisongo Semarang, 2011. Penelitian ini bertujuan apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran SKI dengan pokok materi mengenal peristiwa Fathu Makkah di MI Ma’arif Wringinputih Borobudur. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Ma’arif Wringinputih Borobudur Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik setelah diterapkannya metode Team Quiz pada pembelajaran SKI dengan pokok materi mengenal peristiwa Fathu Makkah. Hasil ketuntasan belajar aspek kognitif peserta didik pada siklus I adalah 71%, dan pada siklus II mencapai 92%. Hasil ketuntasan belajar aspek afektif peserta didik pada siklus I adalah 77,85% dan meningkat pada Siklus II menjadi 82,38%. Hasil ketuntasan belajar aspek psikomotor peserta didik pada siklus I adalah 57,14% pada siklus II menjadi 92,86%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan metode Team Quiz pada mata pelajaran SKI ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan demikian, metode pembelajaran Team Quiz ini layak diterapkan sebagai metode alternatif yang dapat digunakan pada proses pembelajaran PAI di madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Metode Pembelajaran; Team Quiz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Jul 2014 07:23
Last Modified: 10 Jul 2014 07:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item