Upaya meningkatkan prestasi belajar al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya melalui metode demonstrasi dan drill pada siswa kelas I MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2010/2011

Mutholi’ah, Mutholi’ah (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya melalui metode demonstrasi dan drill pada siswa kelas I MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111217_coverdll.pdf]
Preview
Text
093111217_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of 093111217_bab1.pdf]
Preview
Text
093111217_bab1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 093111217_bab2.pdf]
Preview
Text
093111217_bab2.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 093111217_bab3.pdf]
Preview
Text
093111217_bab3.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 093111217_bab4.pdf]
Preview
Text
093111217_bab4.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 093111217_bab5.pdf]
Preview
Text
093111217_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 093111217_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111217_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits Kelas I melalui Metode Demonstrasi dan Drill kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi Belajar Al Qur’an Hadits kelas I materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Apakah metode Demonstrasi dan Drill dapat meningkatkan prestasi belkajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya pada siswa kelas I MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus tahun ajaran 2010/2011? 2). Bagaimana penerapan metode Demonstrasi dan Drill dalam meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya ? 3). Bagaimana relasi prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya dengan penerapan metode Demonstrasi dan Drill ?
Permasalahan tesebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI NU Hidayatul Mustafidin madrasah tersebut dijadikan sebagai obyek penelitian dalam menerapkan metode demonstrasi dan drill datanya diperoleh dengan cara tes observasi dan studi dokumentasi semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa Prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya, sebelum tindakan penelitian mencapai ketuntasan belajar klasikal sebanyak 17,39 % dengan rata-rata nilai 68,95 (KKM 75). Setelah peneltiian tindakan kelas dilaksanakan dengan menerapkan Metode Demonstrasi dan Drill, prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya, dapat meningkat dengan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 86,95 % rata-rata nilai 81,30 (KKM 75) serta indikator pencapaian 75 %.
Penerapan metode Demonstrasi yaitu guru memperagakan pengucapan huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya dengan menunjukkan media gambar makhorijul huruf. Sedangkan Metode Drill penerapannya yaitu dengan pemberian latihan secara terus menerus kepada siswa dengan cara klasikal, kelompok maupun individual, dengan menggunakan media kartu huruf yang dikelompokkan sesuai makhrajnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Al-Qur'an Hadits; Baca Tulis Al-Qur'an; Ilmu Tajwid; Metode Pembelajaran; Demonstrasi dan Drill
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jul 2014 06:19
Last Modified: 08 Jul 2014 06:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics