Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode card sort materi pokok zakat kelas IV MI NU Tlahab Gemuh Kendal tahun pelajaran 2010/2011

Muni’ah, Muni’ah (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode card sort materi pokok zakat kelas IV MI NU Tlahab Gemuh Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111224-coverdll.pdf]
Preview
Text
093111224-coverdll.pdf - Accepted Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of 093111224-bab1.pdf]
Preview
Text
093111224-bab1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 093111224-bab2.pdf]
Preview
Text
093111224-bab2.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 093111224-bab3.pdf]
Preview
Text
093111224-bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 093111224-bab4.pdf]
Preview
Text
093111224-bab4.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 093111224-bab5.pdf]
Preview
Text
093111224-bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 093111224-bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111224-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar materi pokok zakat pada kelas IV MI NU Tlahab Kecamatan Gemuh tahun pelajaran 2010/2011. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian yaitu adanya keaktifan yang rendah dalam pembelajaran fikih, minimnya motivasi belajar siswa, dan nilai hasil belajar yang kurang. Untuk itu perlu menguji apakah dengan memakai metode yang bersifat student centered atau ative learning tidak seperti yang biasa dipakai oleh guru sebelumnya yaitu metode dengan ceramah yang teacher centered. Dalam penelitian ini peneliti menguji dengan menggunakan metode pembelajaran card sort. Metode card sort termasuk bagian dari strategi pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Tujuan dan fungsi dari penggunaan metode ini adalah untuk mengaktifkan setiap individu sekaligus kelompok (Cooperatif Learning) dalam belajar. Dengan demikian dimungkinkan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas IV MI NU Tlahab.
Rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian yaitu, “Apakah metode Card sort dapat meningkatkan hasil belajar materi keimanan kepada malaikat Allah di MI Tamangede Kecamatan Gemuh Kendal tahun pelajaran 2010/2011?”
Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes.
Penelitian menunjukkan adanya peningkatan bahwa setelah diterapkannya metode card sort dalam pembelajaran akidah akhlak materi keimanan kepada malaikat Allah. Perubahan yang terjadi antara lain meningkatnya keaktifan kelas, meningkatnya motivasi belajar dan semangat siswa, serta meningkatnya hasil belajar siswa. Nilai prosentase pada pra siklus keaktifan hanya 71.25%, pada siklus I yaitu 76.56%, dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 89.53%. Adapun pada aspek motivasi, pra siklus 56.09%, siklus I bernilai 63.47%, dan pada siklus II menjadi 87.81%. Sedangkan pada aspek nilai belajar pada pra siklus rata-rata nilai hanya mencapai 56.03, pada siklus I didapatkan rata-rata kelas 72.41, dan dari siklus II diperoleh nilai rata-rata 81.59.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mata pelajaran fikih materi zakat pada kelas IV MI NU Tlahab Kecamatan Gemuh Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembelajaran card sort.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Zakat; Metode Pembelajaran; Card Sort
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jul 2014 06:22
Last Modified: 08 Jul 2014 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics