Peningkatan hasil belajar materi pokok shalat id dengan strategi modeling the way di MIS Jenggot 03 Pekalongan Selatan

Halim, Abdul (2011) Peningkatan hasil belajar materi pokok shalat id dengan strategi modeling the way di MIS Jenggot 03 Pekalongan Selatan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111236-cover.pdf - Accepted Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111236-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111236-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111236-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111236-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111236-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111236-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas peningkatan hasil belajar materi pokok s}alat Id dengan strategi modeling the way di kelas IV MIS Jenggot 03 Pekalongan Selatan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan strategi modeling the way (membuat contoh praktek) pada mata pelajaran fiqih materi pokok s}alat ‘id di kelas IV MIS Jenggot 03 Pekalongan Selatan? 2) Adakah peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi pokok s}alat ‘id di kelas IV MIS Jenggot 03 Pekalongan Selatan setelah menggunakan strategi modeling the way (membuat contoh praktek)? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kajian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan strategi modeling the way (membuat contoh praktek) pada mata pelajaran fiqih materi pokok s}alat ‘id di kelas IV MIS Jenggot 03 Pekalongan Selatan dilakukan dengan mempersiapkan skenario pembelajaran dan alat bantu pembelajaran seperti tes instrumen nilai hasil belajar dan keaktifan belajar, juga media pembelajaran, selanjutnya dilakukan tindakan proses pembelajaran dengan cara menyuruh peserta didik untuk membuat skenario praktek s}alat ‘id dalam kerja kelompok 4-5 pada siklus I, kerja kelompok 3 peserta didik pada siklus II, kerja kelompok pasangan pada siklus III dan selanjutnya melakukan modeling the way di depan, kemudian kelompok atau pasangan lain mengomentarinya, terakhir peserta didik di evaluasi melalui tes tulisan, pada tahap tindakan ini kolaborator mengamati aktivitas belajar peserta didik, setelah didapatkankan hasil kemampuan dan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran shalat id kemudian peneliti dan kolaborator merefleksi kegiatan dan melakukan perbaikan untuk dilakukan pada siklus berikutnya. 2) Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi pokok s}alat ‘id di kelas IV MIS Jenggot 03 Pekalongan Selatan setelah menggunakan strategi modeling the way (membuat contoh praktek)dapat di lihat dari kenaikan nilai hasil belajar peserta didik dimana pada pra siklus ada 13 peserta didik atau 41% yang tuntas naik menjadi 17 peserta didik atau 53% pada siklus I naik lagi menjadi 22 peserta didik atau 68% dan pada tindakan siklus III tingkat ketuntasan sudah mencapai 29 peserta didik atau 91%. Demikian juga pada keaktifan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I ada 18 peserta didik atau 56% naik menjadi 22 peserta didik atau 69% pada siklus II dan pada tindakan siklus III sudah mencapai 28 peserta didik atau 87% yang termotivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Shalat Id; Strategi Pembelajaran; Modeling the Way
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Jul 2014 07:48
Last Modified: 02 Jul 2014 07:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item View Item