Problematika pembelajaran aqidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang

Sholikhatun, Rina (2011) Problematika pembelajaran aqidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111238-cover.pdf - Accepted Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111238-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111238-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111238-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111238-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111238-Bab5..pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111238-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang, metode yang digunakan berbeda antara guru yang satu dengan guru yang lain. Anehnya siswa masih banyak yang tidak minat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran akidah akhlak. Ini adalah sebuah bentuk ketidakseriusan mereka terhadap kegiatan pembelajaran akidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang. Di luar problem yang dialami murid, proses belajar mengajar akidah akhlak, penggunaan metode memang belum ada yang efektif, karena siswa tidak merasa nyaman dalam pelajaran akidah akhlak, yang akibatnya siswa memilih untuk tidak mengikuti proses belajar mengajar akidah akhlak dari pada yang ikut. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana proses pembelajaran akidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang? 2) Problematika apa saja yang di alami dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang? 3) Solusi apa sajakah yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran akidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang dilakukan dengan merencanakan pembelajaran dilanjutkan denga melaksanakan pembelajaran dengan menerangkan materi asmaul husna dengan ceramah tanya jawab dan diakhiri dengan menutup pelajaran. 2) Problematika yang di alami dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelangterkait dengan problematika guru dalam menyampaikan materi, kurangnya sarana pra sarana penunjang seperti media pembelajaran, kurangnya minat siswa dalam beljar dan penggunaaan metode pembelajaran dan evaluasi belajar yang baik. 3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Surodadi 1 Sawangan Magelang yaitu dengan merencanakan pembelajaran secara baik penggunaaan metode pembelajaran yang menciptkan pembelajaran aktif, melaksanakan evaluasi pembelajaran yang baik, menyediakan media pembelajarn yang dapat membantu memahamkan siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Masalah Pembelajaran; Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Jul 2014 07:49
Last Modified: 02 Jul 2014 07:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item View Item