Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Magelang mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan akhlak terpuji melalui metode sosiodrama tahun pelajaran 2010/2011.

yanto, Rubi (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Magelang mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan akhlak terpuji melalui metode sosiodrama tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111239-cover.pdf - Accepted Version

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111239-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111239-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111239-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111239-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111239-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111239-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji sebelum penerapan metode sosiodrama. Dan sejauhmana penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji oleh siswa kelas V MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Kabupaten Magelang. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Kabupaten Magelang sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis pada akhir pembelajaran, dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum penerapan metode sosiodrama, dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan metode sosiodrama dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Nilai rata-rata tes tertulis dari siklus I sampai siklus II juga mengalami peningkatan dibandingkan sebelum penerapan metode sosiodrama. Nilai rata-rata tes tertulis sebelum penerapan metode sosiodrama sebesar 58, nilai rata-rata siklus I sebesar 62,5dan nilai rata-rata siklus II sebesar 71,3. Selanjutnya prosentase ketuntasan belajarnya juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus 20,16%, siklus I 58,33%, dan pada siklus II 83,33%. Sedangkan anak yang mendapat nilai telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)=65 juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus ada 7 anak, pada siklus I 14 anak dan pada siklusII ada20 anak. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji. Jadi hipotesis yang penulis ajukan “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Magelang Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pokok Bahasan Akhlak Terpuji Melalui Metode Sosiodrama” terbukti kebenarannya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Akidah Akhlak; Metode Pembelajaran; Sosiodrama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Jul 2014 07:50
Last Modified: 02 Jul 2014 07:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item