Peningkatan pembelajaran baca tulis al-Qur’an melalui metode drill di madrasah salafiyah ibtida’iyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit kota Pekalongan

Hasanah, Uswatun (2011) Peningkatan pembelajaran baca tulis al-Qur’an melalui metode drill di madrasah salafiyah ibtida’iyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit kota Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111252-COVER.pdf - Accepted Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111252-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111252-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111252-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111252-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111252-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111252-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ini dilatarbelakangi oleh pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di Kelas IV Semester I Materi MAD Siswa MSI Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan di tahun pelajaran 2008/2009 hasil pelajaran rata-rata siswa 68 dan di tahun pelajaran 2009/2010 hasil pelajaran rata-rata siswa 60. Karena para guru selama ini hanya menggunakan metode klasikal saja, tidak ada fariasi, semua materi diajarkan menggunakan metode yang sama. Pelaksanaan proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an diharapkan menggunakan model pembelajaran yang variatif dan berorientasi konstruktivistik, salah satunya adalah metode drill Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah metode drill dapat mengefektifkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Salafiyah Ibtida’iyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan? Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode drill telah dapat mengefektifkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Salafiyah Ibtida’iyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai kemampuan membaca dan menulis siswa, dimana pada pra siklus tingkat ketutasannya ada 12 siswa atau 42% naik menjadi 17 siswa atau 61% pada siklus I, naik lagi pada siklus II menjadi 23 siswa atau 82%. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran yaitu dimana pada pra siklus ada 14 siswa atau 36% naik menjadi 16 siswa atau 61% pada siklus I dan pada siklus II sudah mencapai 24 siswa atau 86%. Hal ini menunjukkan indikator penilaian telah tercapai yaitu meningkatnya kemampuan membaca dan menulis siswa dengan nilai ketuntasan 70 sebanyak 75% dari seluruh jumlah siswa, dan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada kategori baik sekali dan baik yang mencapai 75% dari seluruh jumlah siswa. Demikian juga hipotesis tindakan yang menyatakan penerapan metode drill dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran baca tulis Al-Qur'an kelas IV di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan tahun ajaran 2010/2011 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis al-Qur’an; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jul 2014 06:46
Last Modified: 08 Jul 2014 06:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2402

Actions (login required)

View Item View Item