Peningkatan kemampuan baca tulis al Qur’an melalui pemanfaatan alat peraga kartu huruf Hijaiyyah bagi siswa kelas III MI Nurul Huda Raji tahun pelajaran 2010/2011

Mas’adi, Ali (2011) Peningkatan kemampuan baca tulis al Qur’an melalui pemanfaatan alat peraga kartu huruf Hijaiyyah bagi siswa kelas III MI Nurul Huda Raji tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111261-Cover.pdf - Accepted Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111261-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111261-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111261-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111261-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111261-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111261-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Bagaimana penerapan baca tulis qur’an dengan alat peraga kartu huruf hijaiyyah pada siswa kelas III di MI Nurul Huda Raji Kecamatan Demak Kabupaten Demak? 2) Bagaimana peningkatan prestasi baca tulis qur’an dengan alat peraga kartu huruf hijaiyyah pada siswa kelas III di MI Nurul Huda Raji Kecamatan Demak Kabupaten Demak Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui Model dokumentasi, observasi dan tes. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara indiviual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan alat peraga kartu huruf Hijaiiyyah Siswa kelas III MI Nurul Huda Raji, yaitu guru harus mempersiapkan RPP dan perangkat pembelajaran dengan baik. Guru harus lebih meningkatkan motivasi peserta didik. Guru harus lebih dapat menjelaskan alur pembelajaran dengan menggunakan kartu huruf hijaiyyah. Guru harus mendemonstrasikan kartu huruf hijaiyyah secara pelan-pelan, guru menyuruh peserta didik untuk mengamati segala kegiatan peragaan yang dilakukan oleh guru dan teman yang sudah bisa. Guru harus sering berkeliling mendekati peserta didik dan mencatat kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama kegiatan peragaan karthuruf hijaiiyah berlangsung. Guru mengisi Lembar Observasi Siswa, 2 ) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan alat peraga pada materi baca tulis al Qur’an belum memenuhi standar KKM (kriteria ketuntasan minimal), namun setelah diterapkan Alat peraga kartu huruf hijaiyyah pada mata pelajaran materi baca tulis al Qur’an, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Terjadinya peningkatan karena tindakan kelas yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran baca tulis al Qur’an dengan menggunakan Alat peraga kartu huruf hijaiyyah. Terlihat bahwa pada siklus kedua telah mengalami peningkatan yaitu telah mencapai tingkat sempurna, pada siklus I yaitu mencapai 67 % atau sebanyak 18 peserta didik yang tuntas belajar dan meningkat pada siklus II ada 84% atau 21 dari 25 peserta didik yang tuntas belajarnya. Ini artinya Alat peraga kartu huruf hijaiyyah yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis alqur’an efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis al-Qur’an; Media Pembelajaran; Kartu Huruf Hijaiyyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:37
Last Modified: 07 Jul 2014 05:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item