Penerapan metode modeling untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran pengembangan agama Islam materi pokok manasik haji di kelompok B RA Al-Insyirah Palebon Pedurungan Semarang tahun ajaran 2010/2011

Ismiyatun, Ismiyatun (2011) Penerapan metode modeling untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran pengembangan agama Islam materi pokok manasik haji di kelompok B RA Al-Insyirah Palebon Pedurungan Semarang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111266-cover.pdf - Accepted Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111266-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111266-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111266-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111266-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111266-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111266-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mempelajari Pengembangan Agama Islam (PAI) di kelompok B RA Al-Insyirah Palebon Pedurungan Semarang, bukan sekedar teori yang berarti tentang ilmu yang jelas pembelajaran yang bersifat amaliah, harus mengandung unsur teori dan praktek. Modeling merupakan salah satu alternatif metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran PAI bagi anak TK. Modeling adalah proses pembelajaran dengan memperagakan sesuatu sebagai contoh yang dapat ditiru oleh setiap siswa. Misalnya, PAI guru memberikan contoh bagaimana cara mengerjakan haji seperti towaf, wuquf, melempar jumrah dan seterusnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode modeling pada pembelajaran Pengembangan Agama Islam materi pokok manasik haji di kelompok B RA Al-Insyirah Palebon Pedurungan Semarang? 2) Adakah peningkatan kemampuan pembelajaran Pengembangan Agama Islam materi pokok manasik haji pada siswa kelompok B RA Al-Insyirah Palebon Pedurungan Semarang setelah menggunakan metode modeling ? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode modeling pada pembelajaran Pengembangan Agama Islam materi pokok manasik haji di kelompok B RA Al-Insyirah Palebon Pedurungan Semarang dilakukan dengan 4 tahapan yaitu tahapan perencanaan guru merencanakan proses pembelajaran, pada tahap tindakan guru melakukan tindakan dengan pembelajaran klasik pada pra siklus, melakukan tindakan dengan menggunakan metode modeling mulai dari menerangkan materi, membentuk kelompok untuk melakukan manasik, guru menjadi model manasik dan siswa meniru model manasik guru dengan mendemonstrasikan di depan kelas dengan kelompoknya, menggunakan media gambar, audio visual, tahap observasi dilakukan dengan kolaborator mengamati aktivitas siswa, Setelah nilai hasil belajar dan keaktifan belajar diketahui kemudian guru dan kolaborator melakukan refleksi terhadap tindakan yang telah dilakukan guru untuk dicari tindakan solusi untuk dilakukan pada siklus berikutnya. 2) Peningkatan dapat dilihat dari nilai hasil kuis tiap siklus yaitu dimana pada pra siklus ada 12 siswa atau 32% yang tuntas, pada siklus I yakni ada 16 siswa atau 70% dan di siklus II menjadi 20 siswa atau 87% yang tuntas. Sedangkan keaktifan pada siklus I keaktifannya ada 16 siswa atau 70% naik menjadi 21 siswa atau 91% di akhir siklus II. Hasil ini sudah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembmelajaran; Modeling; Pengembangan Agama Islam; Manasik Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:41
Last Modified: 07 Jul 2014 05:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item