Upaya meningkatkan prestasi belajar fikih materi pokok haji melalui penerapan metode gallery walk dan demonstrasi bagi siswa kelas V MI Weleri Kendal tahun pelajaran 2010/2011

Rokhmatun, Siti (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar fikih materi pokok haji melalui penerapan metode gallery walk dan demonstrasi bagi siswa kelas V MI Weleri Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111270-COVER.pdf - Accepted Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111270-bab1.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111270-bab2.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111270-bab3.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111270-bab4.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111270-bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111270-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menerapkan metode pembelajaran gallery walk dan demonstrasi pada mata pelajaran fikih materi pokok haji. (2) Meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran gallery walk dan demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Weleri Kendal tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah peserta didik 11, yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan yang terfokus dalam kegiatan di kelas sehingga penelitiannya berupa Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah desain penelitian model siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang didahului dengan tahap pra siklus. Pada tahap pra siklus menggunakan metode konvensional yang diterapkan guru sebelum penelitian dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus dari 11 siswa yang tidak tuntas 5 siswa dan yang tuntas 6 siswa dengan rata-rata hasil belajar adalah 63,64 sedangkan persentase ketuntasan belajar sebesar 54,55%. Hal ini menunjukkan perlu adanya penelitian tindakan agar dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Setelah dilakukan tahap siklus I diperoleh hasil yang lebih baik dari pra siklus yaitu dari 11 siswa yang tidak tuntas turun menjadi 4 siswa dan yang tuntas bertambah menjadi 7 siswa dengan rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 68,64 dengan ketuntasan belajar 63,64%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu hanya 1 siswa yang tidak tuntas dan 10 siswa yang lain sudah tuntas dengan peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 83,18 danketuntasan belajar 90,91%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran gallery walk dan demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran fikih materi pokok haji di kelas V MI Weleri tahun pelajaran 2010/2011.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Haji; Metode Pembelajaran; Gallery Walk; Demonstrasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:44
Last Modified: 07 Jul 2014 05:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item