Penerapan strategi peer lesson untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VII di MTs Arrosyidin Secang Magelang tahun 2010/2011

Istochri, Istochri (2011) Penerapan strategi peer lesson untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VII di MTs Arrosyidin Secang Magelang tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111279-COVER.pdf - Accepted Version

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111279-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111279-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111279-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111279-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111279-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111279-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan tindakan kelas yang dilaksanakan di MTs Arrosyidin Secang Magelang dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran yang dilaksanakan selama ini. Pembelajaran yang dilaksanakan kebanyakan masih satu arah. Guru sebagai pusat pembelajaran, sedangkan siswa sebagai objek penderita. Dalam pembelajaran tersebut siswa hanya mendengarkan dan melaksanakan apa yang menjadi arahan dari guru yang bersangkutan sehingga prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang diinginkan. Studi penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) bagaimanakah proses pembelajaran yang terjadi, (2) apakah dengan menggunakan metode every one is a teacher here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?. Permasalahan tersebut di atas dibahas melalui sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Arrosyidin Secang Magelang.. Di dalam penelitian ini proses pengumpulan datanya diperoleh melalui dengan cara observasi, wawancara, test dan studi dokumentasi. Semua data dianalisa dengan mengggunakan pendekatan kuantitatif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan sebelum diadakannya penerapan strategi peer lesson hanya satu arah. Siswa hanya mendengarkan, melaksanakan apa yang diperintahkan guru saja, sehingga pengembangan potensi-potensi siswa seperti keaktifan, kerjasama, keberanian tidak bisa berkembang. (2) Hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. (3) Pelaksanaan strategi pembelajaran peer lesson tidak hanya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa saja, namun juga dapat meningkatkan pengembangan potensi siswa yang berupa keaktifan, keberanian dan kemampuan untuk bisa bekerjasama dengan siswa yang lain. Begitu juga dengan pengembangan kemampuan menghargai orang lain. (4) pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran peer lesson dapat merubah pembelajaran yang semula menjemukan menjadi proses belajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Aqidah Akhlak; Strategi Pembelajaran; Peer Lesson
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:51
Last Modified: 07 Jul 2014 05:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item