Penerapan metode kisah untuk meningkatkan prestasi belajar PAI materi akhlak terpuji di RA Muslimat NU Ketunggeng Magelang tahun pelajaran 2010/2011.

Mahmudah, Sri (2011) Penerapan metode kisah untuk meningkatkan prestasi belajar PAI materi akhlak terpuji di RA Muslimat NU Ketunggeng Magelang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111302-COVER.pdf - Accepted Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111302-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111302-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111302-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111302-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111302-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111302-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan metode kisah untuk meningkatkan prestasi belajar PAI materi akhlak terpuji di RA Muslimat NU Ketunggeng Magelang.Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; (1) Bagaimana penerapan metode kisah dalam pembelajaran PAI materi akhlak terpuji di kelompok A RA Muslimat NU Ketunggeng Magelang? (2) Apakah metode kisah dapat meningkatkan prestasi belajar PAI materi akhlak terpuji di kelompok A RA Muslimat NU Ketunggeng Magelang. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan dengan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelompok A RA Muslimat NU Ketunggeng Magelang, karena prestasi belajar PAIsiswa kelompok A masih rendah dibandingkan siswa kelompok B, sehingga perlu diadakan upaya untuk meningkatkannya. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan wawancara dan observasi.Semua data dianalisis dalam bentuk data kuantitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa:(1) Perhatian anak didik kelompok A RA Muslimat NU Ketunggeng Magelang tahun pelajaran 2010/2011 saat proses pembelajaran PAI materi akhlak terpuji pada tahap prasiklus sebanyak 9 siswa dengan tingakt keakfitan 45,45 %, sedangkan pada siklus I setelah penerapan metode kisah pada proses pembelajaran PAI materi akhlak terpuji perhatian anak didik menjadi sebanyak 15 siswa dengan tingkat keaktifan 60,61 % dan pada siklus II yang dilakukan dengan tetap menerapkan metode kisah pada proses pembelajaran PAI materi akhlak terpuji perhatian anak didik menjadi 19 siswa dengan tingkat keaktifan 77,27 %. (2) Setelah digunakan metode kisah dalam proses pembelajaran PAI materi akhlak terpuji, prestasi belajar anak didik kelompok A RA Muslimat NU Ketunggeng Magelang Tahun Pelajaran 2010/2011. Prestasi belajar anak didik pada tahap prasiklus nilai rata-rata kelas PAI materi akhlak terpuji sebesar 64,14, sedangkan pada siklus I setelah penerapan metode kisah pada proses pembelajaran PAI materi akhlak terpuji prestasi belajar anak didik nilai rata-rata kelasnya menjadi 68,41, dan pada siklus II yang tetap menggunakan penerapan metode kisah pada proses pembelajaran PAI materi akhlak terpuji prestasi belajar anak didik menjadi 78,64.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Cerita; Akhlak Terpuji; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Jul 2014 08:17
Last Modified: 03 Jul 2014 08:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item View Item