Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MI I’anatul Athfal Cengkalsewu kecamatan Sukolilo kabupaten Pati tahun pelajaran 2010/2011

Afifah, Es. Hanik (2011) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MI I’anatul Athfal Cengkalsewu kecamatan Sukolilo kabupaten Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111308-COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111308-bab1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111308-bab2.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111308-bab3.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111308-bab4.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111308-bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111308-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa. Dalam mewujudkan prestasi belajar akidah akhlak guru perlu memahami seberapa kekuatan kecerdasan spiritual siswa. Dimana Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, karena ia akan memberikan kemampuan kepada manusia untuk membedakan yang baik dengan yang buruk, memberi manusia rasa moral dan memberi manusia kemampuan untuk menyesuaikan dirinya dengan aturan-aturan yang baru. Berkaitan dengan pentingnya kecerdasaan spiritual siswa dan prestasi belajar akidah akhlak selanjutnya penulis mencoba untuk melakukan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1). Bagaimana tingkat kecerdasan spiritual siswa MI I’anatul Athfal Cengkalsewu. 2). Bagaimana prestasi belajar akidah akhlak siswa MI I’anatul Athfal Cengkalsewu. 3). Adakah pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MI I’anatul Athfal Cengkalsewu? Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa MI I’anatul Athfal Cengkalsewu yang berjumlah 118 siswa. Sampel diambil secara proporsioanal cluster sampling dari kelas 4, 5 dan 6 yakni 25% dari populasi sebanyak 30 siswa. Variabel yang diteliti adalah kecerdasan spiritual siswa sebagai variabel bebas dan prestasi belajar akidah akhlak sebagai variabel terikat. Data dimabil dengan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kecerdasan spiritual siswa mencapai 64 dalam kategori baik dan rata-rata prestasi belajar akidah akhlak sebesar 68 dalam kategori baik. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan sebesar 0,508. Pada taraf kesalahan 5% untuk responden berjumlah N = 30 dapat pada tabel adalah rt = 0,361 sedangkan ro = 0,508 yang berarti ro lebih besar dari rt (ro > rt). Dengan demikian pada taraf signifikansi 5% hasilnya adalah signifikan, yang berarti ada korelasi yang positif antara kedua variabel. Besarnya kontribusi (hubungan) prestasi belajar akidah akhlak (X) dengan kecerdasan spiritual siswa (Y) mencapai sebesar 25,8 % sedangkan selebihnya 74,2 % berhubungan dengan faktor lain seperti minat, motivasi, intelegensi dan faktor lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah hendaknya lebih memperhatikan kecerdasan spiritual siswa guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena kecerdasan spiritual akan memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah menuju manusia yang seutuhnya (hanif) dan memiliki pola pemikiran tauhid (integralistik), serta berprinsip “hanya karena Allah”. Manfaat yang bisa dipelajari adalah bahwa orang yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi akan selalu berperilaku yang baik, berjiwa besar, memiliki empati. Sehingga seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual secara tidak langsung akan mengukir prestasi di bidang akhlak. Karena kecerdasan spiritual erat sekali hubungannya dengan perilaku yang baik. Sedangkan indikator keberhasilan mata pelajaran akidah akhlak siswa mampu memiliki akhlak yang mulia. Indikator keberhasilan tersebut dapat dilihat dari nilai yang ada pada hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak (nilai raport) yang mencerminkan keseharian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual; Prestasi Belajar; Akidah Akhlak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 06:50
Last Modified: 04 Jul 2014 06:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item View Item