Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban melalui metode resitasi pada siswa kelas V MI Matholi’ul Huda Posono Klakahkasihan Gembong Pati tahun pelajaran 2010/2011

Darwati, Darwati (2011) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban melalui metode resitasi pada siswa kelas V MI Matholi’ul Huda Posono Klakahkasihan Gembong Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111318-cover.pdf]
Preview
Text
093111318-cover.pdf - Accepted Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 093111318-bab1.pdf]
Preview
Text
093111318-bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 093111318-bab2.pdf]
Preview
Text
093111318-bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 093111318-bab3.pdf]
Preview
Text
093111318-bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 093111318-bab4.pdf]
Preview
Text
093111318-bab4.pdf - Accepted Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 093111318-bab5.pdf]
Preview
Text
093111318-bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 093111318-bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111318-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran fiqih kelas V MI Matholi’ul Huda Posono Klakahkasihan Gembong Pati selama ini menggunakan metode konvensional dengan ceramah dan tanya jawab sehingga pembelajaran menjadi pasif, oleh karena itu proses pembelajaran perlu dilakukan dengan metode resitasi karena dapat memupuk perkembangan inisiatif siswa karena dengan melaksanakan tugas, siswa aktif belajar dan merangsang untuk meningkatkan belajar yang lebih baik dengan kesadaran sendiri, memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang terintegrasi mengenai suatu persoalan, bertanggung jawab dan berdiri sendiri (mandiri) terutama dalam hal belajar.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih materi pokok kurban melalui metode resitasi pada siswa kelas V MI Matholiul Huda Posono Klakahkasihan Gembong Pati? 2) Sejauh mana peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban siswa kelas V MI Matholiul Huda Posono Klakahkasihan Gembong Pati setelah menerapkan metode resitasi?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Hasil Penelitian Menunjukkan: 1) pelaksanaan pembelajaran fiqih materi pokok kurban melalui metode resitasi pada siswa kelas V MI Matholiul Huda Posono Klakahkasihan Gembong Pati dilakukan dengan membagi siswa dalam kelompok untuk di isi uraian singkat tentang materi ketentuan kurban dan bekerja kelompok untuk membuat skenario praktek kurban, kegiatan di akhiri dengan memberikan kuis dan salam. 2) peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban siswa kelas V MI Matholiul Huda Posono Klakahkasihan Gembong Pati setelah menerapkan metode resitasi dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik tiap siklus dimana pada pra siklus 75% menjadi 85% pada siklus I dan di akhir siklus II sudah mencapai 95%. Begitu tingkat keaktifan siswa juga mengalami peningkatan setiap siklus dimana pada siklus I tingkat keaktifan pada kategori baik dan baik sekali 80% dan di akhir siklus II sudah mencapai 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi; Hasil Belajar; Fiqih; Kurban; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 06:59
Last Modified: 04 Jul 2014 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics