Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Negeri 4 Cepiring Kendal 2012/2013

Saifudin, Saifudin (2013) Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Negeri 4 Cepiring Kendal 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 063111126_Coverdll.pdf]
Preview
Text
063111126_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 063111126_Bab1.pdf]
Preview
Text
063111126_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 063111126_Bab2.pdf]
Preview
Text
063111126_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 063111126_Bab3.pdf]
Preview
Text
063111126_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 063111126_Bab4.pdf]
Preview
Text
063111126_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 063111126_Bab5.pdf]
Preview
Text
063111126_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 063111126_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
063111126_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, SMP Negeri 4 Cepiring Kendal sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi kualitas pembelajaran.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apakah kompetensi pedagogik guru PAI dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 4 Cepiring Kendal sesuai BSNP, 2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 4 Cepiring Kendal. 3) Bagaimana faktor Pendukung dan Penghambat dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik guru PAI dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 4 Cepiring Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview), Observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru PAI dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 4 Cepiring Kendal sudah sesuai dengan BSNP, karena merencanakan proses pembelajaran yang berdasarkan BSNP baik silabus sampai RPP, selain itu guru mengajar sesuai karakteristik siswa, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum terkait pelajaran, belajar dengan dialogis, memanfaatkan informasi dan komunikasi untuk mengajar, memfasilitasi siswa belajar aktif, berkomunikasi dua arah, melakukan prosedur penilaian dan melakukan refleksi setiap selesai proses pembelajaran, guru melakukan perbaikan setelah selesai proses pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 2) Kompetensi pedagogik guru PAI dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 4 Cepiring Kendal ditunjukkan dengan menunjukkan kemampuan dalam melaksanakan silabus, perencanaan pembelajaran yang disusun sesuai kebutuhan pembelajaran dengan berdasarkan BSNP, rencana tersebut diaplikasikan dalam proses pembelajaran yang mengarah pada interaksi dua arah dan lebih memfokuskan pada keaktifan belajar siswa dengan menggunakan tidak hanya satu metode namun variasi beberapa metode, guru juga memanfaatkan beberapa media baik visual maupun audio visual untuk memperjelas materi yang diajarkan, kemudian guru PAI mengevaluasi atau menilai siswa yang dilakukan baik melalui penilaian proses maupun penilaian hasil, sehingga evaluasi yang dilakukan mencakup tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. 3) Faktor Pendukung dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik guru PAI dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 4 Cepiring Kendal terkait dengan kondisi lingkungan sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, diskusi dan seminar yang diikuti, dan adanya MGMP, sedangkan faktor penghambat terkait dengan karakteristik peserta didik, materi yang harus tuntas, sedikitnya seminar, sedikitnya dana dan kurangnya partisipasi siswa. Solusi yang perlu dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat adalah dengan lebih banyak menggunakan pembelajaran partisipatif, manajemen waktu yang baik, banyak mengikuti pelatihan dan lebih banyak berkomunikasi dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik; Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 25 Nov 2013 04:44
Last Modified: 03 Dec 2013 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics