Penerapan role playing pada pembelajaran aqidah akhlak materi membiasakan perilaku terpuji bagi peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak tahun ajaran 2010/2011

Nafisah, Khus’un (2011) Penerapan role playing pada pembelajaran aqidah akhlak materi membiasakan perilaku terpuji bagi peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111354-cover.pdf]
Preview
Text
093111354-cover.pdf - Accepted Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of 093111354-bab1.pdf]
Preview
Text
093111354-bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 093111354-bab2.pdf]
Preview
Text
093111354-bab2.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 093111354-bab3.pdf]
Preview
Text
093111354-bab3.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 093111354-bab4.pdf]
Preview
Text
093111354-bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111354-bab5.pdf]
Preview
Text
093111354-bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 093111354-bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111354-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh Pada anak yang masih dalam usia sekolah dasar seperti anak kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak merupakan masa konstruktif baik mental, kreatifitas, kecerdasan dan sebagainya. Salah satu cara yang bisa dikembangkan dalam pembelajaran aqidah akhlak di kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak adalah metode role playing, Bermain peran merupakan suatu pembelajaran yang melatih penghayatan siswa sehingga dapat menumbuhkan pengalaman siswa menuju taraf kedewasaan.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan :
Bagaimana hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak pada pembelajaran aqidah akhlak materi membiasakan perilaku terpuji ?
Bagaimana penerapan metode role playing pada pembelajaran aqidah akhlak materi membiasakan perilaku terpuji di kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak?
Adakah peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak pada pembelajaran aqidah akhlak materi membiasakan perilaku terpuji setelah menerapkan metode role playing?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Kajian ini menunjukkan bahwa:
Hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak pada pembelajaran aqidah akhlak materi membiasakan perilaku terpuji nilai ketuntasannya ada 37% dan nilai keaktifannnya pada pra siklus 36%.
Penerapan metode role playing pada pembelajaran aqidah akhlak materi membiasakan perilaku terpuji di kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak dilakukan dengan beberapa tahap yaitu mulai dari menerangkan materi membagi kelompok untuk membaca materi dan membuat skenario dan memerankannya di depan kelas, kelompok yang lain mengomentari hasil pemeranan kelompok lain sehingga terjadi diskusi diantara siswa, kegiatan pembelajaran di akhir dengan penutup dan do’a bersama.
Terdapat peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak pada pembelajaran aqidah akhlak materi membiasakan perilaku terpuji setelah menerapkan metode role playing. pada pra siklus tingkat ketuntasannya 12 siswa atau 40% naik menjadi 20 siswa atau 67% pada siklus I, terakhir pada siklus II menjadi 26 siswa atau 87%. Demikian juga keaktifan siswa pada kategori baik dan baik sekali juga mengalami peningkatan dimana pada pra siklus ada 11 siswa atau 36% naik menjadi 19 siswa atau 63% pada siklus I, dan di siklus II sudah mencapai 27 siswa atau 90%. Hasil yang dicapai siswa sudah melebihi indikator yang ditentukan yaitu 85% ke atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak; Model Pembelajaran; Hasil belajar; Role Playing
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:45
Last Modified: 07 Jul 2014 01:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics