Peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlaq materi pokok akhlaq terpuji melalui penerapan strategi active learning tipe jigsaw pada siswa kelas V MI Kalibening kec. Dukun kab. Magelang tahun ajaran 2010/2011

Wulandari, Exna (2011) Peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlaq materi pokok akhlaq terpuji melalui penerapan strategi active learning tipe jigsaw pada siswa kelas V MI Kalibening kec. Dukun kab. Magelang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111363-cover.pdf - Accepted Version

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111363-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111363-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111363-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111363-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111363-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111363-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menerapkan strategi Active Learning Tipe Jigsaw mata pelajaran aqidah akhlaq materi pokok akhlaq terpuji pada siswa kelas V MI Kalibening kecamatan Dukun kabupaten Magelang tahun ajaran 2010/2011. 2) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan strategi Active Learning Tipe Jigsaw mata pelajaran aqidah akhlaq materi pokok akhlaq terpuji pada siswa kelas V MI Kalibening kecamatan Dukun kabupaten Magelang tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada siswa kelas V MI Kalibening Dukun Magelang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas V melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui bahwa metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran aqidah akhlaq yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah; artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal artinya belum mencapai criteria ketuntasan minimal (KKM). Kesiapan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menggambarkan adanya upaya untuk menguasai materi akhlaq terpuji yang diajarkan. Obyek penelitian ini adalah di MI Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang dengan populasi 123 siswa yang terbagi dalam 6 kelas yaitu kelas I 28 siswa, kelas II 15 siswa, kelas III ada 20 siswa, kelas IV 22 siswa, kelas V 20 siswa dan kelas VI 18 siswa. Dalam penelitian ini digunakan satu kelas untuk menerapkan strategi Active Learning Tipe Jigsaw dalam pembelajaran aqidah akhlaq materi pokok akhlaq terpuji yaitu kelas V yang berjumlah 20 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran strategi Active Learning Tipe Jigsaw dengan dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi semangat belajar dan hasil belajar maksimal. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus aktivitas belajar siswa mempunyai prosentase 53,18 % dan rata-rata tes akhir 62,75. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 62,50 % dan rata-rata tes akhir 69,50. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanakan tindakan pada siklus II aktivitas belajar mengalami yaitu aktivitas siswa diprosentasekan menjadi 77,08% dan rata-rata tes akhir siswa adalah 79,25. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran aqidah akhlaq khususnya materi akhlaq terpuji melalui strategi Active Learning Tipe Jigsaw Peningkatan ini dapat dilihat dari prosentase kesiapan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada tahap pra siklus. siklus I dan siklus II dan dari rata-rata hasil tes akhir dari tiap siklusnya. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlaq khususnya materi akhlaq terpuji. Karena dorongan dan semangat belajar siswa juga bisa dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis anak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Akhlaq Terpuji; Strategi Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:35
Last Modified: 07 Jul 2014 01:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item