Implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih materi shalat pada siswa kelas 1 di MI Ma’arif Wringin Putih Borobudur Magelang tahun 2010/2011

Baruroh, Ngumrotun (2011) Implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih materi shalat pada siswa kelas 1 di MI Ma’arif Wringin Putih Borobudur Magelang tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111367-cover.pdf - Accepted Version

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111367-BAB I.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111367-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111367-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111367-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111367-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111367-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih materi pokok shalat pada siswa kelas 1 MI Wringin Putih Borobudur Magelang? 2) Problematika apa saja yang dihadapi dalam menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih materi pokok shalat pada siswa kelas 1 MI Wringin Putih Borobudur Magelang? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data diperoleh dari sekolah dan buku-buku pendukung. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih materi pokok shalat pada siswa kelas 1 MI Wringin Putih Borobudur Magelang dilakukan dengan guru melakukan Pre tes dengan cara tanya jawab sesuai dengan pengalaman siswa, berikutnya pelaksanaan demonstrasi guru mencontohkan praktek materi yang diajarkan lalu menyuruh beberapa orang siswa mempraktekkannya di depan teman-teman siswa lain, diantara yang di peragakan degnan metode demonstrasi, tahap terakhir adalah kegiatan evaluasi/tindak lanjut dilakukan setelah proses demonstrasi selesai, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tindak lanjut melakukan sendiri. Dari pelaksanaannya, penilaian menggunakan acuan nilai-nilai yang sifatnya lebih menyiapkan situasi dari pada pemberian informasi. 2) Problematika yang dihadapi dalam menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih materi pokok shalat pada siswa kelas 1 MI Wringin Putih Borobudur Magelang antara lain: problem yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan siswa, tugas guru, alokasi waktu, sarana dan prasarana, pengelolaan kelas serta problem yang berhubungan dengan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Demontrasi; Pembelajaran Shalat; Strategi Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:34
Last Modified: 07 Jul 2014 01:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item View Item