Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI materi pokok sholat melalui metode demonstrasi dan latihan (drill) studi tindakan kelas III SD Negeri 2 Putat Purwodadi Grobogan

Karsono, Karsono (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI materi pokok sholat melalui metode demonstrasi dan latihan (drill) studi tindakan kelas III SD Negeri 2 Putat Purwodadi Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111392-cover.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111392-Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111392-Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111392-Bab III.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111392-Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111392-Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111392-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penerapan metode demonstrasi sebagai salah satu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sholat fardlu pada mata pelajaran PAI kelas III SD Negeri 2 Putat Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan dari penelitian Untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan prestasi belajar PAI melalui metode demonstrasi dan latihan (drill) di kelas III SD Negeri 2 Putat Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Dalam penelitian ini lingkupnya adalah seluruh siswa, kelas III SD Negeri 2 Putat yang berjumlah 25 siswa, oleh karena itu berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, tehnik pengumpulan data dengan cara (1) observasi, (2) tes, (3) wawancara, (4) dekomentasi dengan menerapkan metode demonstrasi dan latihan (drill) setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus Ρ=siswa yang telah lulus χ100% Siswa yang digunakan dalam penelitian adalah pengumpulan data dari hasil prestasi belajar. Dan di peroleh analisis data pada pra siklus siswa yang belum tuntas ada 18 siswa atau 72% yang tuntas 7 siswa atau 28%, kemudian setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I meningkat, siswa yang belum tuntas 12 siswa atau 48% dan yang tuntas 13 siswa atau 52%. Karena belum memenuhi KKM akhirnya diadakan perbaikan pembelajaran siklus II dan di peroleh hasil siswa yang belum tuntas 3 siswa atau 12% sedangkan yang tuntas 22 siswa atau 88%. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan metode demonstrasi dan latihan (drill) siswa kelas III SD Negeri 2 Putat tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan hasil analisa data yang menunjukkan bahwa ada perbedaan antara tindakan kelas pada siklus I nilai rata-rata 61,8 dan siklus II nilai rata-rata 73,8 ternyata ada peningkatan sebesar 12,0.Dan kesimpulan tersebut diatas diartikan bahwa prestasi belajar penerapanpendekatan metode demonstrasi dan latihan (drill) lebih baik daripada model pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Demonstrasi; Shalat; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 07:24
Last Modified: 04 Jul 2014 07:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item