Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MI Al Fadlil Warukaranganyar Purwodadi tahun pelajaran 2010/2011

Darmiyati, Fitri (2011) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MI Al Fadlil Warukaranganyar Purwodadi tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111394-cover.pdf - Accepted Version

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111394-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111394-BAB II.pdf - Accepted Version

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111394-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111394-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111394-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111394-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis memiliki rumusan masalah; apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MI Al Fadlil Warukaranganyar Purwodadi Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MI Al Fadlil Warukaranganyar Purwodadi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis varian regresi dan analisis uji t. Subyek penelitian sebanyak 60 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, metode kuesioner, dan metode dokumentasi untuk mencari informasi mengenai responden. Data tentang penggunaan media pembelajaran berbasis visual, diperoleh melalui angket. Berdasarkan data angket yang diperoleh penggunaan media pembelajaran berbasis visual termasuk kategori sedang dengan nilai mean 38,81666667. Prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak dilihat dari nilai rapot semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Berdasarkan data yang diperoleh, prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak termasuk kategori sedang dengan nilai mean 77,08333333. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil Freg yaitu 12,65983685, maka Freg ini lebih besar dari Ftabel (0,01: 7,08 dan Ftabel (0,05): 4,00. Kesimpulan yang dapat diambil adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MI Al Fadlil Warukaranganyar. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test diperoleh = 3,37, maka thitung ini lebih besar dari (0,05: 2,00) dan (0,01 : 2,66). Jadi dapat disimpulkan hipotesis null ditolak dan Ha diterima. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MI Al Fadlil Warukaranganyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Visual; Prestasi Belajar; Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 07:26
Last Modified: 04 Jul 2014 07:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item View Item