Pengaruh perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Kasiyan Sukolilo Kabupaten Pati

Zuhriyah, Zuhriyah (2011) Pengaruh perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Kasiyan Sukolilo Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111399-Bab cover.pdf]
Preview
Text
093111399-Bab cover.pdf - Accepted Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 093111399-Bab I.pdf]
Preview
Text
093111399-Bab I.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 093111399-Bab 2.pdf]
Preview
Text
093111399-Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 093111399-Bab 3.pdf]
Preview
Text
093111399-Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 093111399-Bab 4.pdf]
Preview
Text
093111399-Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 093111399-Bab 5.pdf]
Preview
Text
093111399-Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 093111399-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111399-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Kasiyan Sukolilo Kabupaten Pati. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan anak, baik berupa bimbingan secara langsung ataupun memberi perhatian, karena orang tua merupakan guru yang pertama bagi anak sejak lahir dimuka bumi ini. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perhatian orang tua siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kasiyan Sukolilo Pati ? (2) Bagaimana kemandirian belajar siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Desa Kasiyan Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati ? (3) Adakah pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Desa Kasiyan Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Tarbiyatul Islamiyah Desa Kasiyan Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang perhatian orang tua (variabel X) dan data tentang kemandirian belajar siswa (variabel Y), juga merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 32 responden dengan menggunakan teknik semua populasi.
Dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (perhatian orang tua) dan variabel Y (kemandirian belajar siswa) kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui perhatian orang tua siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kasiyan Sukolilo Pati dapat dilihat dari nilai rata-rata angket yaitu 40,53 berada pada interval 40 - 48, dengan kategori sangat baik, sedangkan kemandirian belajar siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islamiyah Kasiyan Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 nilai rata-rata mencapai 40,87 berada pada interval 40 - 48, dengan kategori sangat tinggi.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu predictor menunjukkan adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islamiyah Kasiyan Sukolilo Pati. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan observasi = 39,835 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai F tabel dengan db = 1 lawan 30 baik pada taraf signifikasi 5 % (39,835 > 4,17), maupun pada taraf signifikasi 1 % (39,835 > 7,56), maka menunjukkan angka yang signifikan. Dengan demikian, semakin baik perhatian orang tua, maka semakin baik pula kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua dalam Pendidikan; Kemandirian Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jul 2014 09:25
Last Modified: 05 Jul 2014 09:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics