Upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih dengan menggunakan strategi questions student have (studi tindakan pada kelas V MI Taufiqiyah Tegalkangkung Tembalang Semarang tahun ajaran 2010/2011

Hidayah, Afifatul (2011) Upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih dengan menggunakan strategi questions student have (studi tindakan pada kelas V MI Taufiqiyah Tegalkangkung Tembalang Semarang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111404-coverdll.pdf - Accepted Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111404-bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111404-bab2.pdf - Accepted Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111404-bab3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111404-bab4.pdf - Accepted Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111404-bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111404-bibliography.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh Proses pembelajaran fiqih selama ini yang dilakukan di kelas V MI Taufiqiyah Tegalkangkung Tembalang Semarang yang lebih dominan adalah guru, dan peserta didik kurang dilatih untuk mengembangkan pengetahuan yang diterimanya. Salah satu strategi yang bisa diterapkan untuk menciptakan pembelajaran aktif adalah strategi questions student have (pertanyaan dari peserta diidik), strategi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan perhatian peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan strategi questions student have pada pembelajaran mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Taufiqiyah Tegalkangkung Tembalang Semarang?, 2) Adakah peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban melalui strategi questions student have di kelas V MI Taufiqiyah Tegalkangkung Tembalang Semarang? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kesimpulan penelitian ini meliputi: 1) Penerapan strategi questions student have pada pembelajaran mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Taufiqiyah Tegalkangkung Tembalang Semarang dimulai dari menerangkan materi, tanya jawab, memberi siswa kartu bentuk diberi pertanyaan dan memberikan kepada sampingnya, lalu teman samping membaca dan memberikan tanda centang jika pertanyaan ingin diketahui jawabnya, selanjutnya dikembalikan lagi, siswa yang telah mendapat kembali kartunya harus menjawab tanda centang dan membacanya, kegiatan ini juga dilakukan dengan sistem kelompok pada siklus II, terakhir guru mengklarifikasi, memberi kuis, berdoa dan salam. 2) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban melalui strategi questions student have di kelas V MI Taufiqiyah Tegalkangkung Tembalang Semarang dapat di lihat dari kenaikan nilai hasil belajar siswa dimana pada pra siklus ada 17 siswa atau 48% yang tuntas naik menjadi 25 siswa atau 71% pada siklus I naik lagi menjadi 5 siswa atau 14% atau 89% atau sesuai indikator keberhasilan yaitu 80%. Demikian juga pada keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I ada 25 siswa atau 71% dan naik menjadi 20 siswa atau 86% pada pra siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Fiqih; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 02:01
Last Modified: 07 Jul 2014 02:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item View Item